Senin, 6 Februari 2023

Breaking News

  • Besok Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor di Riau Dimulai   ●   
  • Dokter On Call, Masyarakat Pekanbaru Bisa Dapat Layanan Kesehatan Gratis 24 Jam   ●   
  • Wagubri Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Ini Pesan Kemendagri   ●   
  • 707 Unit RLH Dibangun di Riau Tahun Ini, Kampar Paling Banyak   ●   
  • Angka Stunting di Riau 2022 Turun, Kadiskes Sebut Berkat Kerja Keras Kawan-Kawan di Puskesmas   ●   
Gerakan Salat Subuh Berjamaah di Inhu, Gubri: Riau Negeri Bertuah Karena Doa Ulama
Jumat 13 Januari 2023, 10:39 WIB

INDRAGIRIHULU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan Gerakan Salat Subuh Berjamaah (GSSB) di Masjid Raya Ar Rahman Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Jumat (13/1/23).

Dalam kegiatan GSSB tersebut, turut dihadiri ketua LAM Riau Marjohan Yusuf, Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Elda Sahunura, Ketua Baznas Masriadi Hasan, dan lainnya.

Gubri Syamsuar menyampaikan, dari zaman Kerajaan Siak, Riau sudah memiliki ulama yang sangat luar biasa yang mengajarkan ilmu agama, Al-quran dan sunnah, termasuk ulama dari Indragiri.

Sehingga menurutnya, Riau negeri bertuah dan keberkahan yang dialami Riau saat ini merupakan doa para ulama. Oleh karena itu menurut Gubri, sudah saatnya Riau untuk mempersiapkan calon ulama yang akan menjadi pemimpin masa depan.

"Apa arti di sini, kita semua ditinggal kan untuk menciptakan orang soleh di Bumi Melayu ini. Makanya tak wajar misalnya kalau ada orang Riau, orang Indragiri tak pandai baca Al-Quran, " katanya.

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini menginginkan, syiar agama terus dilestarikan di Riau. Yakni dengan tetap menjalankan Sunnah Nabi, bersholawat, pada saat nikah kawin adanya berzikir, berzanji dan lainnya.

Syamsuar menerangkan, itulah ciri khas Melayu yang ditinggalkan oleh para pendahulu Riau. Karena itu, kegiatan tersebut tidak boleh hilang dan suasana tersebut harus terus ada di Riau.

"Suasana inilah tidak boleh kita hilangkan. Suasana inilah selalu kami sampaikan, dan di Provinsi Riau sudah ada yang menggerakkan ini yang disebutkan dengan Majelis Qur'an yang sekarang mensyiarkan Al-Quran, mengaji, mensyiarkan berzanji, marhaban, bersholawat. Sekarang kami juga mensyiarkan hafiz dan hafizah, " sebutnya.

Mantan Bupati Siak ini mengaku, salah satu bentuk komitmen Pemprov Riau untuk menciptakan ulama di Riau adalah dengan memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) desa, yang dalam BKK desa tersebut dianggarkan untuk mencetak hafiz dan hafizah di berbagai desa di Riau.

Terang Syamsuar, dengan nanti banyaknya ulama dari Riau, inilah yang membentengi diri, membentengi negeri ini dari musibah.

"Inilah membentengi kita ini agar kita tetap sebagai orang yang beriman dan bertakwa sama Allah. Ini yang perlu kami sampaikan, sebagai anak jati melayu mari kita jaga ini, " tambahnya.

Melalui kesempatan GSSB di Inhu tersebut, sebagai negeri Melayu tersebut, Gubri mengajak untuk menjaga keberkahan yang ada di Riau.

"Bagaimana menjaga keberkahan ini, kita mensyiarkan Islam, dengan Al-Quran, hadis dan sunnah nabi dan menggerakkan ekonomi syariah, agar negeri ini dijaga oleh Allah, baik dari bala dan musibah, keberkahan itu muncul saja setiap saat, " tutupnya.(*)




Editor :
Kategori : Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Berita Pilihan
Sabtu 27 Agustus 2022
PWI Larang 20 Ribu Anggotanya Ikut UKW Lembaga Abal-abal dan Tak Patuhi UU Pers

Sabtu 12 Februari 2022
HPN 2022, Jangan Ada Lagi Kriminalisasi Terhadap Pers

Jumat 11 Februari 2022
Rakernas PHRI II, ini kata Epyardi Asda :"Kedepannya Sumatera Barat Lebih Baik Lagi Dalam Menggerakkan Sektor Pariwisata".

Kamis 10 Februari 2022
Pendampingan ADM Penyelenggaraan Keuangan Desa oleh Tim Monev Kabupaten Solok

Rabu 09 Februari 2022
MOI Solok Resmi Mendaftar Kekesbangpol Kabupaten Solok, Yasri Irva :"MOI Siap Kawal Pemerintah".

Rabu 09 Februari 2022
Masalah Natuna, Alirman Sori : "Perkuat Keamanan Perbatasan Laut"

Rabu 09 Februari 2022
Dua Hari Lagi Shalat Jum'at Perdana di Masjid Asam Jao, Almito S.Pt : Mari Kita Ramaikan

Senin 07 Februari 2022
JUSUF RIZAL: KSPSI PERLU MELAKUKAN REENGINERING ORGANISASI HADAPI PERUBAHAN

Sabtu 05 Februari 2022
Masjid Ikhlas Asam Jao diresmikan, Gubernur Sumbar :

Jumat 14 Januari 2022
Berikan Penyuluhan ke PPL, Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top