Selasa, 24 November 2020

Breaking News

  • FPK Riau Sampaikan Pernyataan Sikap Terkait UU Cipataker   ●   
  • FPK Riau Sampaikan 7 Pernyataan Sikap Terkai UU Cipataker   ●   
  • Ini Cara LPPMS Lahirkan Bibit Potensial di Bbidang Kecantikan   ●   
  • FKPMR Apresiasi Kapolda Riau Cepat Tanggap Terhadap Pernyataan Sikap Forum Terkait Demo   ●   
  • Tidak Ada Titik Temu Buruh dan Pengusaha Industri, Nasib Buruh Terus Terpinggirkan   ●   
Polda Riau Kirim Relawan ke Lokasi Karhutla di Pulau Rupat
Selasa 25 Februari 2020, 14:45 WIB

PEKANBARU -  Para Relawan Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sudah memperoleh pelatihan dari instruktur berpengalaman, diterjunkan ke lokasi Karhutla di Dusun Teluk Kumbang, Desa Sukarjo, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Sebanyak 11 orang relawan diberangkatkan pada Senin (24/2/2020), pukul 17.30 WIB menuju Pulau Rupat, Bengkalis guna memadamkan api di lahan gambut. Relawan akan  menginap di Dumai dan hari ini, Selasa (25/3) pukul 07.00 WIB, diantar Satpolair Polres Dumai menuju Pulau Rupat dan akan diterima Kapolres Bengkalis atau Kapolsek Rupat.

"Diharapkan dengan diterjunkannya para relawan ini ke lokasi Karhutla dapat membantu proses pemadaman di sana,” kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, MSi, melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, Selasa (25/2). 

Para relawan tersebut merupakan Angkatan ke-1 dari pelatihan yang dilakukan Posko Relawan Pemadam Karhutla dengan instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, dan Manggala Agni, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sabtu (8/2) lalu.

“Para relawan yang diterjunkan tersebut akan bergabung dengan petugas yang sudah lebih dulu berjibaku memadamkan karhutla di Rupat. Relawan yang diterjunkan telah mendapatkan pelatihan yang memadai dari instruktur profesional. Materi yang menjadi bekal mereka antara lain teori tata cara dalam pemadamam api di lapangan, pengenalan alat-alat yang digunakan untuk pemadaman api, serta praktik pemadaman api simulasi di lapangan. Dengan bekal materi yang memadai tersebut serta didukung oleh semangat membara para relawan diharapkan mampu mengalahkan bara api karhutla yang terjadi di Dusun Teluk Kumbang, Desa Sukarjo, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis," kata Sunarto.

Kabid Humas Kombes Pol Sunarto menjelaskan, tak hanya mengirimkan relawan ke lokasi Karhutla di Pulau Rupat, Bengkalis, hari ini dan esok, Rabu (26/2), sebanyak 250 mahasiswa dan karyawan Universitas Lancang Kuning (Unilak), juga akan mengikuti pelatihan pemadaman Karhutla.

 “Acara ini akan dipusatkan di Kampus Unilak, Rumbai, serta Posko Relawan Pemadam Karhutla, Purna MTQ, Pekanbaru,” ungkap Kombes Sunarto.

Kegiatan ini akan dihadiri langsung Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Afrizal Nasution dan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, MSi.

Dalam pelatihan tersebut, para relawan akan menerima materi teori tata cara pemadaman api di lapangan, pengenalan alat-alat digunakan untuk pemadaman api, serta praktik di lapangan.

Sementara itu, Rektor Unilak, Dr Junaidi, SS, MHum mengatakan, kegiatan ini implementasi dari MoU antara Unilak dengan Polda Riau dalam penanggulangan Karhutla pada 30 Januari 2020 silam.

“Unilak berkomitmen melakukan pencegahan dan pemadaman Karhutla. Kami mendorong mahasiswa dan civitas akademika memiliki spirit relawan dalam penanggulangan Karhutla. Ini tanggung jawab kita semua," kata Rektor Unilak, Dr Junaidi, S.S, M.Hum.

Di hari pertama, pelatihan akan diisi Materi Penanganan Karhutla dan Kebakaran Gedung dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) serta Polda Riau. Selain itu, para relawan juga akan mengunjungi Posko Relawan Pemadam Karhutla di Anjungan Sri Gemilang-Indragiri Hilir Purna MTQ Pekanbaru guna melihat dari dekat seperti apa penanganan pemadaman serta aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

Di hari kedua, Rabu (26/2/2020), para relawan akan mempraktikkan pemadaman Karhutla usai menerima bekal teori dari instruktur terlatih dalam pemadaman. "Kegiatan ini terlaksana atas dukungan PT RAPP menyediakan peralatan dan tim pemadam kebakaran dalam pelatihan ini. Kita berharap perusahaan swasta lainnya dapat berperan juga pelaksanaan pelatihan kebakaran," pungkas Junaidi. (rilis)



Editor :
Kategori : Hukrim
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
Berita Pilihan
Selasa 13 Oktober 2020
Ini Cara LPPMS Lahirkan Bibit Potensial di Bbidang Kecantikan

Jumat 09 Oktober 2020
Tidak Ada Titik Temu Buruh dan Pengusaha Industri, Nasib Buruh Terus Terpinggirkan

Jumat 09 Oktober 2020
Donasi Noah Untuk Crew Band Indonesia

Jumat 09 Oktober 2020
Ratu Meta Kenalkan Goyang Hanpon

Jumat 09 Oktober 2020
Provinsi Sulawesi Utara Perlu Waspada Dengan Potensi Megathrust

Jumat 09 Oktober 2020
Apresiasi Doni Monardo Pada Upaya Pengendalian COVID-19 di Sulawe

Selasa 06 Oktober 2020
Pemain Sinetron Cinta Tapi Benci Gelar Meet And Greet Dengan Fans di Surabaya

Sabtu 03 Oktober 2020
Pop Academi Indosiar Siapkan Talent Industri Musik Tanah Air

Sabtu 03 Oktober 2020
Musisi dan Pesinetron Ini Jadi Distributor Kecantikan, Kesehatan

Sabtu 03 Oktober 2020
Ketua Baznas Ajak Masyarakat Lestarikan Batik Perajin

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top