Kamis, 13 Agustus 2020

Breaking News

  • Bawaslu Riau Temukan 51.520 Pemilih Tidak Memenuhi Syarat Masuk Dalam Daftar Pemilih.   ●   
  • Chevron dan Unilak Berdayakan Masyarakat Ubah Sampah Jadi Rupiah   ●   
  • CPI dan Unilak Berdayakan Masyarakat Ubah Sampah Jadi Rupiah   ●   
  • Bambang Ajak Mahasiswa UMRI Ikuti Protokol Covid 19   ●   
  • Bambang Ajak Mahasiswa UMRI Ikuti Protokol Covid 19   ●   
Kebakaran Ratusan Hektare Lahan di Meranti Sudah Dikendalikan
Selasa 27 Februari 2018, 12:49 WIB
Ilustrasi
PEKANBARU-Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Riau menyatakan, kebakaran lahan gambut di Kabupaten Kepulauan Meranti, berhasil dikendalikan setelah sebelumnya sudah membakar ratusan hektare lahan di daerah pesisir Provinsi Riau itu.

Kini sudah dilakukan 'mopping up' atau pendinginan api sisa yang dinilai berpotensi untuk terbakar lagi," kata Wakil Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhula) Riau, Edwar Sanger, seperti dilansir antara di Pekanbaru, Selasa (27/2/2018).

Sebelumnya, kebakaran yang tepatnya berlokasi di Desa Lukun, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti itu sudah terjadi sejak akhir Januari. Tim gabungan dari berbagai unsur TNI-Polri, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), perusahaan dan masyarakat terus berusaha menuntaskan kebakaran lahan gambut di daerah itu. Kabakaran di Kepulauan Meranti luasnya mencapai 213 hektare (Ha)
  
Selain itu, kebakaran lahan di Dusun Sejati Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis juga sudah mulai bisa dikendalikan. Tim dari Satgas Darat kini dalam proses "mopping up" (pendinginan api) sisa tim gabungan yang dipimpin oleh Komandan Ramil Bukit Batu. Pemadaman kini dilaporkan sudah tuntas.

Meski begitu, titik api Karhutla kembali muncul di daerah lain, yakni Kabupaten Siak, yang cukup merepotkan petugas pemadam kebakaran. Kebakaran lahan terjadi di Kampung Tuah indrapura Kecamatan Bunga Raya, dan Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

"Akses titik api sulit, tidak dapat dilalui kendaraan,sehingga mobilisasi peralatan pemadam dibantu kendaraan warga," kata Edwar.

Selain itu, kebakaran lahan gambut juga muncul di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit. Luas kebakaran saat dilaporkan diperkirakan berkisar 56 Ha. Personel Manggala Agni minim jumlah personel karena harus membagi regu ke lokasi kebakaran.

Luas lahan yang telah terbakar sejak 14 Januari hingga kini sejumlah sekitar 731,5 Ha. Penambahan luas kebakaran terjadi karena terjadi kebakaran  di Desa Mesim Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis seluas sekitar 5 Ha, Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak seluas 10 Ha.

Kemudian ditambah kebakaran lahan di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak seluas enam Ha, dan Kampung Tuah Indrapura Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak seluas sekitar 30 Ha.

Sementara itu, BMKG Stasiun Pekanbaru menyatakan bahwa citra satelit pada Selasa pagi menunjukkan nihil titik panas (hotspot) di seluruh Sumatera.

Terhitung sejak 19 Februari hingga 31 Mei 2018, Riau sudah berada pada status Siaga Darurat Karhutla. Pemerintah Provinsi Riau menetapkan kondisi ini karena pada awal tahun 2018 terjadi peningkatan jumlah titik panas dan luas Karhutla yang sangat naik signifikan.

 Sementara itu, anggaran untuk operasi siaga darurat Karhutla yang dianggarkan BPBD Provinsi Riau pada APBD Riau 2018 mencapai Rp1.075.962.200.(kt5)





Editor :
Kategori : Pro Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
Berita Pilihan
Kamis 13 Agustus 2020
Chevron dan Unilak Berdayakan Masyarakat Ubah Sampah Jadi Rupiah

Selasa 11 Agustus 2020
FPK Laporkan Kegiatan Kepada Wakil Gubernur Riau

Senin 10 Agustus 2020
Pelarian Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkalis Muhammad berakhir sudah

Senin 10 Agustus 2020
Harga Emas Masih Terus Cetak Rekor, Pertimbangkan Ini Sebelum Beli

Sabtu 08 Agustus 2020
Gubri Apresiasi Program BPN untuk Riau, 16.372 Sertifikat Diserahkan

Senin 03 Agustus 2020
Sandiaga Uno dan Jaya Setiabudi Kupas UMKM di Webinar IKA FPUA Riau-Kepri

Senin 03 Agustus 2020
Wanti-wanti WHO soal Durasi Panjang Pandemi Corona

Selasa 28 Juli 2020
Panglima TNI Anugerahi Kapolri Tiga Bintang Utama Darat, Udara dan Laut

Senin 27 Juli 2020
Peduli Pegiat Budaya, AHM Salurkan Bantuan Hadapi Pandemi

Selasa 21 Juli 2020
Kadis Perindagkop UKM Riau Dukung Webinar UMKM IKA-FPUA Riau Kepri

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top