Rabu, 17 Agustus 2022

Breaking News

  • Solar Langka, Polda Riau Tangkap 18 Penimbun BBM Subsidi   ●   
  • Sambut Kunjungan TLCI Jambi, HM Marwan: Riau Siap Dukung Jambore Nasional TLCI ke-V Tahun 2023   ●   
  • HUT Ke-77 RI, Gubernur Riau Lakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci   ●   
  • Ditlantas Polda Riau Luncurkan Aplikasi Enam Pelayanan Publik   ●   
  •   ●   
Wabup Said Hasyim Buka Lomba Tari dan Berbalas Pantun
Rabu 13 Desember 2017, 09:29 WIB

SELATPANJANG - Seiring kemajuan ilmu dan teknologi saat ini, seni budaya daerah semakin jarang ditampilkan, jika dibiarkan bukan tak mungkin hilang ditelan zaman, agar seni budaya ini terus lestari hingga ke anak cucu, Pemkab Kepulauan Meranti menggelar lomba tari dan berbalas pantun bagi pelajar dan sanggar tari, bertempat di Aula Afifa, Selatpanjang, Selasa 12 Desember 2017.

Seperti dijelaskan Ketua Panitia Ahmad Yani yang juga Kepala Kantor Kesbangpol Kepulauan Meranti, lomba ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kepulauan Meranti Ke-9, dalam upaya melestarikan budaya dan seni melayu sehingga tetap lestari.

Menurut Kakan Kesbangpol Kepulauan Meranti yang identik dengan budaya melayu banyak memiliki seni budaya yang sudah mengakar sejak nenek moyang dulu, baik dalam bentuk tarian, pantun, musik kompang hingga pendakwah.

"Kita ingin mengangkat ini sehingga budaya melayu yang sudah mengakar di masyarakat tidak lekang di makan zaman. Melalui lomba seni tari dan tarik suara yang semarak dan stand up comedy khas Melayu yang kocak, kita harapkan dapat menumbuhkan kecintaan gerasi muda terhadap budayanya," papar Ahmad Yani.

Adapun berbagai lomba seni budaya yang akan digelar, yakni lomba Tari Zapin, Lomba Lagu Melayu, Lomba Kompang, Stand Up Comedy, Da'i Cilik, serta Berbalas Pantun. Lomba ini akan digelar secara bergantian mulai Rabu 13 Desember 2017 hingga sepekan kedepan.

Menyikapi kegiatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim sangat mendukung kegiatan yang menurutnya dapat membentuk jiwa dan karakter yang positif bagi masyarakat khususnya generasi muda.

"Saat ini kegiatan dalam mendorong pelestarian seni budaya dan olahraga kurang bergairah, untuk itu kita berharap OPD terkait dapat meningkatkannya lagi. Karena pembangunan infrastruktur yang kita lakukan harus diiringi pula dengan pembangunan karakter sumber daya manusia dan hal ini bukan pekerjaan yang mudah," ucap Wabup.

Menurutnya, dibutuhkan orang-orang yang benar-benar memahami dan punya kemauan serta dukungan semua pihak karena untuk melestarikan seni dan budaya merupakan tanggung jawab semua.

"Ini merupakan tanggung jawab bersama, karena anak anak muda yang kita bina merupakan generasi penerus Kepulauan Meranti kedepan, kalau tidak sekarang kapan lagi dan kalau bukan kita siapa lagi," ucapnya.

Karena kegiatan seni dan budaya dapat membentuk karakter dan jiwa positif generasi muda agar tidak terlena dengan kemajuan teknologi saat ini, Wakil Bupati berharap peran serta aktif dari tokoh masyarakat maupun sanggar-sanggar seni yang ada, untuk memformulasikan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan seni dan budaya itu sendiri.

"Saya harapkan peran aktif semua tokoh masyarakat dan kelompok maupun sanggar seni yang ada, jangan sampai anak anak kita terlena dengan budaya modern saat ini," pungkas Wabup mengakhiri. (mcr)



Editor :
Kategori : Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Berita Pilihan
Sabtu 12 Februari 2022
HPN 2022, Jangan Ada Lagi Kriminalisasi Terhadap Pers

Jumat 11 Februari 2022
Rakernas PHRI II, ini kata Epyardi Asda :"Kedepannya Sumatera Barat Lebih Baik Lagi Dalam Menggerakkan Sektor Pariwisata".

Kamis 10 Februari 2022
Pendampingan ADM Penyelenggaraan Keuangan Desa oleh Tim Monev Kabupaten Solok

Rabu 09 Februari 2022
MOI Solok Resmi Mendaftar Kekesbangpol Kabupaten Solok, Yasri Irva :"MOI Siap Kawal Pemerintah".

Rabu 09 Februari 2022
Masalah Natuna, Alirman Sori : "Perkuat Keamanan Perbatasan Laut"

Rabu 09 Februari 2022
Dua Hari Lagi Shalat Jum'at Perdana di Masjid Asam Jao, Almito S.Pt : Mari Kita Ramaikan

Senin 07 Februari 2022
JUSUF RIZAL: KSPSI PERLU MELAKUKAN REENGINERING ORGANISASI HADAPI PERUBAHAN

Sabtu 05 Februari 2022
Masjid Ikhlas Asam Jao diresmikan, Gubernur Sumbar :

Jumat 14 Januari 2022
Berikan Penyuluhan ke PPL, Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai

Senin 29 November 2021
Hadirkan 7 Narasumber, Forum Pembauran Kebangsaan Riau Gelar Rakor Penguatan Organisasi

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top