Rabu, 17 Agustus 2022

Breaking News

  • Solar Langka, Polda Riau Tangkap 18 Penimbun BBM Subsidi   ●   
  • Sambut Kunjungan TLCI Jambi, HM Marwan: Riau Siap Dukung Jambore Nasional TLCI ke-V Tahun 2023   ●   
  • HUT Ke-77 RI, Gubernur Riau Lakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci   ●   
  • Ditlantas Polda Riau Luncurkan Aplikasi Enam Pelayanan Publik   ●   
  •   ●   
Penjelasan Alquran Tentang Kekuatan Gravitasi di Alam Semesta
Sabtu 02 September 2017, 23:59 WIB

Jumlah bintang-bintang yang ada di alam semesta yang sudah terpantau hanya merepresentasikan 10 persen dari keseluruhan massa yang membentuk alam. Ada suatu kekuatan yang bekerja untuk mengaitkan semua benda-benda langit dan mencegahnya dari benturan antara satu dengan lainnya.

Dalam buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah mengungkap salah satu ayat Alquran. "Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun," bunyi Surah Fatir Ayat 41.

Sesungguhnya, alam semesta ini tiada terbatas. Setiap kali sains menemukan suatu galaksi yang jauhnya puluhan miliar tahun cahaya, sains juga menemukan bahwa alam semesta ini semakin tak terhingga dan diatur oleh satu hukum, yaitu hukum gravitasi.

Jadi, setiap massa yang ada di alam semesta ini menarik massa yang lain sesuai dengan kadar massanya dan jarak antara dua massa tersebut. Jika hanya hukum gravitasi yang mengatur alam ini dan setiap massa terus-menerus menarik massa yang lain, seharusnya seluruh alam ini akan
menjadi sebuah massa saja.

Semua benda di langit berputar dalam suatu lintasan atau orbit tertutup. Ia berputar dan kembali lagi ke tempatnya semula. Gerakan berputar secara terus-menerus ini memunculkan kekuatan dorongan dari pusat (kontra-gravitasi) yang menyeimbangkan kekuatan gravitasi.

Dari putaran yang tiada henti inilah kemudian timbul apa yang dinamakan dengan keseimbangan gerak. Ini merupakan salah satu tanda kebesaran Allah.

"Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu," Surah Ar-Ra'd Ayat
2.

Sebagian ulama mengatakan bahwa ayat ini mengisyaratkan adanya kekuatan gravitasi di antara galaksi-galaksi, planet-planet dan massa.Allah mengisyaratkan adanya gravitasi Bumi melalui firman-Nya. "Atau siapakah yang telah menjadikan Bumi sebagai tempat berdiam, dan yang
menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengkokohkan)nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui," Surah An-Naml Ayat 61.

Siapakah yang menjadikan benda-benda yang ada di permukaan Bumi, udara, dan air laut diam tidak berhamburan dan tertarik oleh Bumi? Seandainya manusia terbang di angkasa lalu ia sampai pada wilayah nihil gravitasi, niscaya berat tubuhnya akan hilang.

Seandainya gaya gravitasi Bumi berhenti beroperasi, Bumi akan melemparkan semua yang ada di dalamnya sehingga menjadi kosong dan isinya berhamburan ke mana-mana serta tidak kembali lagi. Sumber:okezone.(kt10)




Editor : kt10
Kategori : IPTEK
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Berita Pilihan
Sabtu 12 Februari 2022
HPN 2022, Jangan Ada Lagi Kriminalisasi Terhadap Pers

Jumat 11 Februari 2022
Rakernas PHRI II, ini kata Epyardi Asda :"Kedepannya Sumatera Barat Lebih Baik Lagi Dalam Menggerakkan Sektor Pariwisata".

Kamis 10 Februari 2022
Pendampingan ADM Penyelenggaraan Keuangan Desa oleh Tim Monev Kabupaten Solok

Rabu 09 Februari 2022
MOI Solok Resmi Mendaftar Kekesbangpol Kabupaten Solok, Yasri Irva :"MOI Siap Kawal Pemerintah".

Rabu 09 Februari 2022
Masalah Natuna, Alirman Sori : "Perkuat Keamanan Perbatasan Laut"

Rabu 09 Februari 2022
Dua Hari Lagi Shalat Jum'at Perdana di Masjid Asam Jao, Almito S.Pt : Mari Kita Ramaikan

Senin 07 Februari 2022
JUSUF RIZAL: KSPSI PERLU MELAKUKAN REENGINERING ORGANISASI HADAPI PERUBAHAN

Sabtu 05 Februari 2022
Masjid Ikhlas Asam Jao diresmikan, Gubernur Sumbar :

Jumat 14 Januari 2022
Berikan Penyuluhan ke PPL, Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai

Senin 29 November 2021
Hadirkan 7 Narasumber, Forum Pembauran Kebangsaan Riau Gelar Rakor Penguatan Organisasi

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top