Rabu, 22 September 2021

Breaking News

  • Walikota Pekanbaru Launching Bus Vaksin Keliling   ●   
  • Membanggakan, Inilah Capaian Firdaus-Ayat Satu Dekade Memimpin Kota Pekanbaru   ●   
  • Gandeng UNRI, Polda Riau Dorong Percepatan Herd Immunity Kampus   ●   
  • Desa Binaan Diterpa Bencana Banjir, TLCI #2 Riau Droping Bansos dan Gerakkan Perekonomian Warga   ●   
  • 41 Personel Berprestasi Mendapatkan Penghargaan Kapolda Riau   ●   
Hacker Sengaja Lancarkan Serangan Mirip WannaCry Saat Libur Lebaran
Rabu 28 Juni 2017, 16:18 WIB

Jakarta - Jenis serangan baru bernama Petya atau disebut juga NotPetya atau GoldenEye, memanfaatkan masa liburan Lebaran untuk melancarkan serangan.

Menurut analis keamanan cyber dari Vaksincom Alfons Tanujaya, Petya disebarkan pada saat libur panjang di Indonesia. Dengan strategi ini, dikhawatirkan banyak administrator yang sedang berlibur dan pengelolaan terhadap sistem jaringan komputer perusahaan banyak dilakukan menggunakan sistem remote.

"Bahayanya, jika komputer yang digunakan untuk administrasi terinfeksi oleh GoldenEye, maka ia akan mampu menyebarkan dirinya ke seluruh komputer di dalam jaringan dengan menggunakan hak administrasi pada komputer yang diinfeksinya," kata Alfons kepada detikINET, Rabu (28/6/2017).

Menurutnya, kali ini yang terancam bukan hanya komputer yang belum di patch, tetapi seluruh komputer yang menjalankan OS Windows yang terupdate sekalipun, memiliki kemungkinan diinfeksi oleh Petya melalui WMIC Windows Management Instrumentation Command Line dan PSExec (sejenis Telnet untuk Windows).

Disebutkannya, Petya hanya membutuhkan satu komputer yang memiliki hak administrator untuk di eksploitasi dan jika berhasil, maka seluruh komputer di dalam jaringan yang dikelolanya akan diinfeksi dengan kredensial administrator curian tersebut melalui fitur WMIC dan PSExec.

"Kabar buruknya, infeksi ini tidak membutuhkan eksploitasi celah keamanan, di mana sistem komputer yang terupdate sekalipun akan bisa diinfeksi oleh Petya," kata Alfons.

Selain eksploitasi celah keamanan Eternal Blue, eksploitasi WMIC dan PSExec, Petya juga menyebarkan dirinya melalui email dan kali ini giliran email yang berhubungan dengan HRD yang akan menjadi sasaran pengiriman email. Jika dibuka, email ini akan menjalankan ransowmare.

"Bagian HRD dan para pencari kerja perlu berhati-hati membuka email yang mengandung lampiran mencurigakan," Alfons memperingatkan.

Dia menambahkan, program antivirus yang terupdate akan kurang efektif melindungi dari ransomware yang selalu mengubah dirinya guna menghindari deteksi.

"Karena itu pastikan Anda punya perlindungan tambahan terhadap ransomware pro aktif yang diimplementasikan sudah berjalan untuk memastikan perlindungan terbaik. Lakukan backup data penting secara teratur dan pastikan backup terlindung dari akses enkripsi," saran Alfons.

Sebelumnya, Alfons menyebutkan Petya lebih berbahaya dibandingkan WannaCry yang sempat menggegerkan pada Mei lalu. Jika komputer yang terinfeksi melayani fungsi penting seperti mengontrol mesin atau layanan tertentu, akan mengakibatkan terhentinya layanan tersebut karena komputer korup. Hal ini banyak terjadi pada mesin produksi dan mesin-mesin ATM yang terinfeksi oleh Petya.

Dia memberikan contoh, jaringan infrastruktur Ukraina termasuk pengontrol radiasi Chernobyl, mesin ATM, Maersk, Kiev Metro, WPP (Perusahaan Periklanan Inggris) dan airport sudah menjadi korbannya.

Dia mengingatkan untuk benar-benar mewaspadainya dengan tidak menghidupkan komputer sebelum yakin data penting telah dibackup dengan baik, atau telah melindungi komputer dari ancaman ransomware yang tidak terdeteksi antivirus. (*)



Editor :
Kategori : IPTEK
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
Berita Pilihan
Kamis 26 Agustus 2021
Begini Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tak Muncul di Pedulilindungi.id

Selasa 17 Agustus 2021
Vaksin Kemerdekaan Polda Riau Jangkau Masyarakat Pedalaman Suku Talang Mamak Inhu

Selasa 01 Desember 2020
Dibuka Gubernur, Kapolda Jadi Pembicara Seminar FPK Riau

Sabtu 28 November 2020
Kapolda Riau Terima Penghargaan Dari Menteri LHK RI

Selasa 13 Oktober 2020
Ini Cara LPPMS Lahirkan Bibit Potensial di Bbidang Kecantikan

Jumat 09 Oktober 2020
Tidak Ada Titik Temu Buruh dan Pengusaha Industri, Nasib Buruh Terus Terpinggirkan

Jumat 09 Oktober 2020
Donasi Noah Untuk Crew Band Indonesia

Jumat 09 Oktober 2020
Ratu Meta Kenalkan Goyang Hanpon

Jumat 09 Oktober 2020
Provinsi Sulawesi Utara Perlu Waspada Dengan Potensi Megathrust

Jumat 09 Oktober 2020
Apresiasi Doni Monardo Pada Upaya Pengendalian COVID-19 di Sulawe

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top