Senin, 24 Januari 2022

Breaking News

  • Berikan Penyuluhan ke PPL, Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai   ●   
  • Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai   ●   
  • Hadirkan 7 Narasumber, Forum Pembauran Kebangsaan Riau Gelar Rakor Penguatan Organisasi   ●   
  • Dipimpin Kombes Retno Dwiyanti, Polda Riau Kirimkan 9 Delegasi Polwan pada Gelaran The 58th IAWP 2021   ●   
  • Sosialisasi Pembauran dan Kewirausahaan ke Sekolah, Siswa SMA Santa Maria dan SMA 1 Pekanbaru Antusias Sambut Tim FPK Riau   ●   
2017, Tahun Kebangkitan BUMDes dan BUEK
Rabu 12 Januari 2017, 15:23 WIB
Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman,  didampingi pejabat Forkompinda Rohul, memberikan penghargaan kepada BUMDes terbaik saat Musyarwah BUMDes akhir tahun yang digelar di Convention Hall, Masjid Agung Nasional Rohul.(hms)

PASIR PANGARAIAN-Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman menyatakan, tahun 2017 ini, jadi motivasi dan tahun kebangkitan serta kemajuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta Badan Usaha Ekonomi Kelurahan (BUEK).
 
"Mengingat desa dan kelurahan yang ada di Rohul saat ini sudah terbentuk BUMDes dan BUEK yang menjadi penggerak prekonomian masyarakat di pedesaan serta kelurahan, Pemkab Rohul bangga dengan keberhasilan dan perkembangan BUMDes dan BUEK yang ada di Rohul," kata Plt Bupati Rohul, H Sukiman, Rabu (12/1/2017).
 
Plt Bupati Rohul yang juga mantan Dandim Indragiri Hilir (Inhil) mengatakan, sebagai kabupaten pertama di Indonesia dimana sejak tahun 2009 desanya sudah membentuk BUMDes yang saat kini seluruh desa dan kelurahan telah terbentuk badan usaha desa, dalam rangka melaksanakan otonomi desa.
 
Kini, jelasnya lagi, di Rohul kini ada 141 BUMDes serta 6 BUEK tersebar 16 kecamatan se-Rohul. Setelah dilakukan evaluasi tahun 2016, sekitar 50 persen dari jumlah BUMDes berprestasi, namun masih ada 31 BUMDes yang perlu penanganan khusus, karena dinilai pengelola sulit mengembangkan modal usaha.
 
"Dari data yang ada, rata-rata pengembalian pinjaman nasabah BUMDes dan BUEK capai 96,5 persen. Sisanya nasabah yang mengalami tunggakan di BUMDes, dan saya berharap Kepala desa bisa pro aktif menghimbau masyarakat atau nasabah, agar segera menyelesaikan tunggakan tersebut karena dana tersebut dapat digulirkan ke masyarakat lain yang membutuhkan modal usaha," imbau Plt Bupati lagi.
 
Kemudian yang terpenting lagi, seluruh petugas pendamping kecamatan di Rohul, agar mendoronga BUMDes dan BUEK untuk bisa cari peluang-peluang usaha baru, selain usaha simpan pinjam. Dengan adanya peluang usaha baru, akan memberikan dampak keuntungan atau laba bagi lembaga mikro ekonomi di desa dan tidak hanya terfokus terhadao usaha simpan pinjam saja.
 
Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Rohul, H Abdul Haris SSos MSi menjelaskan, pada musyawarah akhir tahun tutup buku 2016 BUMDes, terjadi peningkatan aset BUMDes dengan tingkat pengembalian 96,5 persen. Kemudian, peredaran uang atau dana BUMDes dan BUEK yang bergulir serta bisa dimamfaatkan masyarakat Rohul terhitung mulai tahun 2009 hingga 2016, sudah mencapai Rp525 miliar, dengan pemanfaat atau nasabah 25.000 orang.(adv/hms)




Editor :
Kategori : Rokan Hulu
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
Berita Pilihan
Jumat 14 Januari 2022
Berikan Penyuluhan ke PPL, Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai

Senin 29 November 2021
Hadirkan 7 Narasumber, Forum Pembauran Kebangsaan Riau Gelar Rakor Penguatan Organisasi

Kamis 26 Agustus 2021
Begini Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tak Muncul di Pedulilindungi.id

Selasa 17 Agustus 2021
Vaksin Kemerdekaan Polda Riau Jangkau Masyarakat Pedalaman Suku Talang Mamak Inhu

Selasa 01 Desember 2020
Dibuka Gubernur, Kapolda Jadi Pembicara Seminar FPK Riau

Sabtu 28 November 2020
Kapolda Riau Terima Penghargaan Dari Menteri LHK RI

Selasa 13 Oktober 2020
Ini Cara LPPMS Lahirkan Bibit Potensial di Bbidang Kecantikan

Jumat 09 Oktober 2020
Tidak Ada Titik Temu Buruh dan Pengusaha Industri, Nasib Buruh Terus Terpinggirkan

Jumat 09 Oktober 2020
Donasi Noah Untuk Crew Band Indonesia

Jumat 09 Oktober 2020
Ratu Meta Kenalkan Goyang Hanpon

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top