Senin, 24 Januari 2022

Breaking News

  • Berikan Penyuluhan ke PPL, Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai   ●   
  • Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai   ●   
  • Hadirkan 7 Narasumber, Forum Pembauran Kebangsaan Riau Gelar Rakor Penguatan Organisasi   ●   
  • Dipimpin Kombes Retno Dwiyanti, Polda Riau Kirimkan 9 Delegasi Polwan pada Gelaran The 58th IAWP 2021   ●   
  • Sosialisasi Pembauran dan Kewirausahaan ke Sekolah, Siswa SMA Santa Maria dan SMA 1 Pekanbaru Antusias Sambut Tim FPK Riau   ●   
Advertorial Pemkab Kepulauan Meranti
Lakukan Monev Pembangunan 2016, Said Hasyim Keluar Masuk Kampung
Jumat 23 Desember 2016, 06:26 WIB
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim melakukan monotoring dan evaluasi pembangunan hingga ke pelosok kampung.
Keberhasilan sebuah pemerintahan dapat dilihat dari pembangunan yang dilaksanakan. Semakin banyak pembangunan yang berhasil dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat maka dapat dikatakan kinerja pemerintahnya juga berjalan baik.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, menyadari betul hal tersebut. Menurutnya selain perencanaan yang matang, fungsi pengawasan terhadap sebuah pekerjaan atau proyek harus terus berjalan hingga akhir. Jadi bisa diketahui dan dihitung perkembangannya.

Untuk memastikan hal itu pula, laki-laki yang telah lama bertugas di dunia birokrat itu aktif melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke setiap kecamatan. Memastikan semua proyek pemerintah berjalan baik sesuai bestek dan juga harapan masyarakat.

Dia enekankan fungsi pengawasan yang harus dilakukan Camat dan kepala desa terhadap setiap kegiatan pembangunan yang dijalankan. Menurutnya, Meranti perlu mempercepat roda pembangunan agar bisa mengejar ketertinggalan sehingga sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Riau.

"Saat ini angka kemiskinan di daerah kita masih yang tertinggi di Provinsi Riau. Masih sekitar 30 persen lebih. Kita memerlukan pengerjaan pembangunan yang baik dan cepat agar bisa segera dimanfaatkan masyarakat dan membantu menggerakkan ekonomi masyarakat," tegas dia.

Melakukan Monev sebenarnya hal yang biasa dilakukan oleh pimpinan daerah. Namun dengan kondisi Kepulauan Meranti dengan geografis berpulau dan kondisi jalan-jalan antar desa di kecamatan yang ditinjau banyak yang rusak bahkan masih jalan tanah membuat hal itu menjadi cukup berat.
Dari ibukota kabupaten, Selatpanjang, sang Wabup harus menggunakan speedboat kemudian disambung dengan sepeda motor berkeliling kampung meninjau proyek pembangunan.

Tidak jarang mantan Sekda Siak itu mengungkapkan rasa senang dan kekesalannya usai melakukan Monev. Rasa senang karena melihat proses pembangunan berjalan dengan baik, sementara kesal karena melihat kontraktor, PPTK terkesan tidak serius menuntaskan proyek yang sedang dikerjakan.


Wabup Said Hasyim meninjau pelaksanaan pembanguna ke kampung-kampung


Misalnya saat meninjau  Pembangunan Laboratorium Komputer SMPN I Desa Sungai Tohor Kecamatan 3 T, yang dibangun menggunakan dana  Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau, dengan pagu dana sebesar Rp 243 juta lebih. Saat peninjauan proyek dibawah pengawasan Dinas Pendidikan Meranti ini, Wakil Bupati tak bisa menahan kekesalannya karena mendapati progres pembangunan yang hanya tinggal satu bulan baru mencapai 30 persen. Ditambah lagi, PPTK maupun kontraktor tak satupun ada lokasi, sehingga dirinya tidak mendapat informasi konkrit terkait sudah sejauh mana proyek dikerjakan dan apa kendalanya. Iapun langsung mengintruksikan Camat untuk segera memanggil kontaktor yang bersangkutan

"Camat segera panggil pihak kontraktor, bagaimanapun kita harus tahu perkembangan terkait proyek yang dibangun, jangan sampai tidak tahu, nanti bisa jadi salah menyalah," tukasnya.

Said Hasyim meminta seluruh jajarannya untuk benar-benar bekerja dan memastikan pembangunan yang dibiayai oleh uang rakyat baik itu lewat APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten, berjalan dengan maksimal. Begitu juga dengan pihak rekanan yang menjadi mitra pemerintah dalam mengerjakan proyek tidak bermain-main dan mengambil keuntungan yang terlalu besar hingga mengurangi kualitas pembangunan.

"Mari semua pihak menyamakan persepsi dan bekerjasama dengan baik dalam melaksanakan pembangunan di kabupaten yang kita cintai ini. Teruskan berkeja keras agar harapan masyarakat yang telah mempercayakan penyelenggaraan pembangunan pada pemerintah," ajak Wabup Said Hasyim. (adv)



Editor :
Kategori : Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
Berita Pilihan
Jumat 14 Januari 2022
Berikan Penyuluhan ke PPL, Faperta UIR Teken MOA dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai

Senin 29 November 2021
Hadirkan 7 Narasumber, Forum Pembauran Kebangsaan Riau Gelar Rakor Penguatan Organisasi

Kamis 26 Agustus 2021
Begini Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tak Muncul di Pedulilindungi.id

Selasa 17 Agustus 2021
Vaksin Kemerdekaan Polda Riau Jangkau Masyarakat Pedalaman Suku Talang Mamak Inhu

Selasa 01 Desember 2020
Dibuka Gubernur, Kapolda Jadi Pembicara Seminar FPK Riau

Sabtu 28 November 2020
Kapolda Riau Terima Penghargaan Dari Menteri LHK RI

Selasa 13 Oktober 2020
Ini Cara LPPMS Lahirkan Bibit Potensial di Bbidang Kecantikan

Jumat 09 Oktober 2020
Tidak Ada Titik Temu Buruh dan Pengusaha Industri, Nasib Buruh Terus Terpinggirkan

Jumat 09 Oktober 2020
Donasi Noah Untuk Crew Band Indonesia

Jumat 09 Oktober 2020
Ratu Meta Kenalkan Goyang Hanpon

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top