Senin, 8 Maret 2021

Breaking News

  • Indroyanto Seno Adji: Kerumunan di Maumere Tidak Ada Peristiwa Pidana   ●   
  • Ditkrimsus Polda Riau dan BI Lakukan Pelatihan Tindak Pidana Terhadap Uang Rupiah   ●   
  • Polda Riau Gandeng PT RAPP Latih Personil Atasi Karhutla   ●   
  • Milad ke-4, DCC Buka Cabang kedua di Harapan Raya   ●   
  • Persiapan Kopdar DCC-CCD, Panitia Audensi dengan Kadisperindagkop UKM Riau   ●   
Besok, Gubri Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla
Senin 10 Februari 2020, 06:13 WIB

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dijadwalkan akan memimpin rapat untuk menetapkan status siaga Karhutla di Riau pada Selasa (11/2/2020) malam. 

Acara itu akan dihadiri oleh semua stake holder terkait.

Di antaranya dari TNI, Polri, Manggala Agni, BMKG, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, Kepala BPBD Provinsi dan Kabupaten Kota serta dinas dan instasi terkait lainya.

"Sejauh ini kan sudah ada tiga kabupaten kota yang menetapkan status siaga darurat karhutla (Dumai, Siak, Bengkalis). Itu sudah saya sudah laporkan ke Pak Gubenur, dan Selasa malam akan ada rapat untuk menetapakan status siaga tingkat provinsi Riau. Nanti pak Gubernur yang langsung menetapkan dengan mengundang pihak-pihak terkait," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Minggu (9/2/2020) dikutip dari tribunpekanbaru.

Penetapan status siaga darurat Karhutla ini merupakan tindaklanjut atas arahan Presiden Joko Widodo saat Rakor terkait Karhutla di Istana Negara pekan lalu.

Dalam Rakor yang dihadiri oleh sejumlah gubernur dari daerah yang rawan Karhutla itu Presiden meminta kepada daerah agar melakukan pencegahan lebih awal sebelum terjadi kebakaran lahan yang lebih besar lagi.

"Sesuai arahan presiden kita diminta agar lebih dini melakukan pencegahan dengan cara preventif. Salah satunya adalah dengan penetapan siaga lebih awal," ujar Edwar.

Menindaklanjuti arahan presiden tersebut, Gubernur Riau Syamsuar langsung mengumpulkan dinas terkait di lingkungan Pemprov Riau, Sabtu (8/2/2020) malam lalu.

Dalam rapat terbatas tersebut, Gubri meminta laporan dari masing-masing Organasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kesiapan dalam melakukan pencegahan Karhutla di Riau. Termasuk koordinasi dengan kabupaten kota.

"Tadi malam kita rapat evaluasi, pak gubenur minta laporan dari kami, bagaimana hasil rapat dan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk kabupaten kota. Jadi apa yang sudah disiapkan dari semua stake holder itu yang diminta dilaporkan ke Pak Gubernur tadi malam," ucapnya.

Sebelum penetapan status siaga Karhutla, BPBD Riau akan kembali menggelar rapat terbatas dengan stake holder terkait guna membahas kondisi terkini terkait cuaca dan kebakaran lahan di Riau.

Hasil rapat terbatas ini lah nanti yang akan dilaporkan ke Gubri untuk disampaikan dalam rapat penetapan status siaga karhutla tingkat provinsi Riau yang diagendakan Selasa malam besok.

"Besok  kita akan menggelar rapat terbatas dengan BMKB, TNI, Polri, dan instansi terkait di kantor BPBD Riau. Hasil rapat inilah yang kita laporkan ke Pak Gubernur sebagai usulan untuk menetapkan status siaga, karena tata caranya memang seperti itu," kata Edwar. (*)



Editor :
Kategori :
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi.katariau@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
Berita Pilihan
Selasa 01 Desember 2020
Dibuka Gubernur, Kapolda Jadi Pembicara Seminar FPK Riau

Sabtu 28 November 2020
Kapolda Riau Terima Penghargaan Dari Menteri LHK RI

Selasa 13 Oktober 2020
Ini Cara LPPMS Lahirkan Bibit Potensial di Bbidang Kecantikan

Jumat 09 Oktober 2020
Tidak Ada Titik Temu Buruh dan Pengusaha Industri, Nasib Buruh Terus Terpinggirkan

Jumat 09 Oktober 2020
Donasi Noah Untuk Crew Band Indonesia

Jumat 09 Oktober 2020
Ratu Meta Kenalkan Goyang Hanpon

Jumat 09 Oktober 2020
Provinsi Sulawesi Utara Perlu Waspada Dengan Potensi Megathrust

Jumat 09 Oktober 2020
Apresiasi Doni Monardo Pada Upaya Pengendalian COVID-19 di Sulawe

Selasa 06 Oktober 2020
Pemain Sinetron Cinta Tapi Benci Gelar Meet And Greet Dengan Fans di Surabaya

Sabtu 03 Oktober 2020
Pop Academi Indosiar Siapkan Talent Industri Musik Tanah Air

Copyrights © 2020 All Rights Reserved by PT. KATA RIAU MEDIA
Scroll to top