DPMTP Adakan Bimtek SIMPEL
Selasa, 05/12/2017 - 13:37:47 WIB

Pariaman -  Seiring tumbuhnya nilai investasi di Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP)  terus berinovasi dalam pengembangan aplikasi perizinan online. Kesiapan aparatur sangat penting untuk memberikan pelayanan yang cepat, transparan dan akuntabel.

Hal ini disampaikan Kadis PMPTP Hendra Aswara saat membuka bimbingan teknis Sistim Informasi Perizinan Elektronik (SIMPEL) di Ruang Rapat DPMPTP di Pariaman, Selasa (21/11).

Bimtek bermaksud untuk meningkatkan pemahaman dan kecepatan dalam pengurusan administrasi perizinan online. Saat ini, kata Hendra, terdapat 122 perizinan yang dioperasional secara online. Tujuannya agar tidak ada interaksi antara si pemohon izin dengan pejablat perizinan itu sendiri.

"Mendaklanjuti rencana aksi KPK RI, di perizinan seluruhnya sudah online. Mulai mendaftar, tracking dan pengaduan. Jadi urusan selesai di Front office, tak perlu bertemu Kadis atw pejabat lainnya" kata Alumni STPDN Angkatan XI.

Terkait biaya izin, Hendra menegaskan bahwa seluruh izin gratis kecuali Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ada Peraturan Daerah yang mengaturnya. Jadi jangan ada lagi mindset masyarakat bahwa pengurusan itu sulit, berbelit dan biaya mahal.

"Pengurusan izin gratis, jika ada retribusi harys ada Perdanya. Seperti IMB, disetor melalui Bank. Jadi petugas izin hanya menerima slip setoran saja" ujar peraih Peringkat Pertama Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Sumbar.

Sementara Kabid Perizinan dan Non Perizinan Heri Sugianto melaporkan peserta bintek sebanyak sembilan orang terdiri dari empat orang petugas Back Office (BO) dan Lima orang petugas Front Office (FO).

Aplikasi SIMPEL, kata Heri, sebenarnya sudah disoftlauncing pada 1 Mei 2017 lalu. Namun aplikasi terus dikembangkan agar menjadi lebih mudah, cepat dan lebih lengkap.

"Sesuai arahan Pak Kadis, aplikasi Simpel ini secara resmi akan diluncurkan dengan menghadirkan KPK RI,Gubernur dan Bupati/Wako se-Sumbar dalam waktu dekat" kata Alumni Fakultas Hukum Unand itu. (asnul)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved