Konsumsi Yogurt, Jaga Metabolisme Tubuh
Kamis, 26/05/2016 - 17:16:10 WIB
Yogurt
Yogurt

Sebagai salah satu sumber prebiotik "YOGURT" telah dipromosikan sebagai makanan sehat untuk pencernaan yang menjadi gerbang bagi kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, produk fermentasi susu ini bisa dijadikan makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan.

Dilansir Okezone, beberapa manfaat yogurt untuk tubuh, mulai dari meningkatkan imun, bersifat antioksidan, mengurangi risiko kanker usus besar, menjaga kecukupan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, meningkatakan kualitas metabolisme tubuh, kata spesialis gizi klinis, Dr Marya Haryono, M.Gizi, SpGK.

"Dulu kita harus makan empat sehat lima sempurna dengan susu. Sekarang harus dengan gizi sehat dan seimbang. Oleh karena itu kita bisa bebas memilih makanan sumber kalsium dan kaya nutrisi seperti yogurt," ujarnya dalam konferensi pers National Yogurt Day di Cassis Kitchen, Sudirman, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Berikut adalah beberapa keistimewaan yogurt yang perlu Anda ketahui, seperti disampaikan dr Marya.

1. Baik untuk sistem kardiovaskular

Yogurt bisa menurunkan kolesterol berlebih dengan secara tidak langsung menyedot kolesterol untuk menghasilkan cairan empedu (yang bertugas mencerna lemak di usus) dan menghambat penyerapan kolesterol dari makanan. Dengan ini, jantung dan pembuluh darah dapat terjaga dari penumpukan kolesterol yang sebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.

2. Baik untuk kesehatan pencernaan

Ini adalah salah satu manfaat luar biasa dari yogurt, yang baru saja ditemukan oleh peneliti Iran baru-baru ini. Kandungan bakteri baik yang aktif dalam yogurt membantu menjaga pencernaan tetap sehat dengan beberapa peran. Bahkan yogurt juga dikatakan mampu mencegah tifus, radang usus, bahkan kanker usus.

3. Makanan baik untuk penderita alergi susu

Bila kita terlalu lama tidak mengonsumsi susu, ada kemungkinan kita untuk menderita intoleransi laktosa atau gula susu dan kekurangan kalsium. Yogurt bisa menjadi solusi mendapatkan nutrisi susu, seperti kalsium dan asam amino esensial.

"Yogurt aman karena laktosa sudah dipecah menjadi gula sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa. Jadi langsung dapat mudah diserap usus," jelas dr Marya. Dengan ini, kebaikan susu akan tetap bisa dinikmati penderita alergi susu.


4. Mengandung bakteri sehat untuk pencernaan

Kebaikan yogurt untuk pencernaan terletak pada zat aktif berupa bakteri baik yang didapat setelah proses fermentasi susu segar. Asam laktat seperti Lactobacillus bulgaris dan Streptococcus thermophilus.

Selain itu, produk yogurt juga biasa ditambahkan beragam probiotik dan prebiotik (makanan untuk bakteri baik). "Baik probiotik maupun prebiotik akan menyeimbangkan mikroflora dalam usus untuk menguatkan fungsi saluran cerna dan melawan paogen dalam usus," tambah dr Marya.






comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved