Ini Sejarah Manis Dari Sebatang Cokelat
Senin, 28/12/2015 - 23:29:52 WIB
<br>

Cokelat salah satu makanan yang mempunyai sejarah teramat panjang. Meskipun sekarang ini cokelat rasanya manis dan disukai banyak orang tapi dulu awal pertama kali cokelat diciptakan rasanya sangat pahit dan kisah tentang cokelat juga pahit. Makanan ini berasal dari tumbuhan bernama kakao yang pertama kali ditemukan dan dikembangkan sekitar tahun 1900 sebelum masehi. Tanaman kakao ditemukan di wilayah yang sekarang ini disebut dengan nama Meksiko.

Awalnya memang rasanya cokelat itu pahit tapi itu semua berubah ketika spanyol menjajah meksiko dan saat itu juga mereka menemukan makanan yang bernama cokelat. Pada saat itu mereka mulai mengembangkan makanan tersebut yang ditujukan kepada bangsawan spanyol. Mereka menganggap cokelat adalah makanan para raja dan bangsawan serta simbol kemewahan, kekayaan dan kekuasaan.

Menurut sejarah umum, sekitar abad 15 sampai abad 16 spanyol menguasai semua cokelat yang hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja jadi masyarakat biasa masih belum mengetahui tentang jenis makanan ini. Namun, cokelat mulai dikenal oleh masyarakat luas ketika terjadinya pernikahan politik antara putri dari raja Perancis dengan raja Louis XIII pada tahun 1615. Saat itu juga cokelat mulai terkenal dan tersebar ke seluruh wilayah eropa.

Sejak ditemukannya makanan cokelat seorang ahli kimia bernama  Coenraad Johannes van Houten yang berasal dari belanda mulai membuat mesin pengolah kakao yang akhirnya menciptakan sebuah revolusi dalam hal pembuatan cokelat. Mesin yang dibuatnya mampu mengeluarkan kandungan cokelat pada kakao dan mengubahnya menjadi bubuk kering. Lalu bubuk kering ini bisa dicampur dengan benda cair atau kandungan lainnya.

Mesin yang ditemukan oleh Van Houten membuat biaya produksi pembuatan cokelat semakin murah dan bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Pada tahun 1874 sebuah perusahaan inggris bernama J.S. Fry & Sons mengubah bentuk cokelat untuk pertama kalinya dalam bentuk batangan. Perusahaan ini kemudian menggabungkan bubuk dan mentega dari kakao dan juga gula lalu kemudian dibentuk dalam bentuk batangan.

Pada tahun 1800 hingga tahun 1900 awal berbagai macam perusahaan cokelat terkenal mulai banyak bermunculan. Setiap perusahaan tersebut mulai menciptakan rasa baru dalam mengolah cokelat. Semakin itu banyak sekali ide-ide cemerlang untuk membuat cokelat semakin manis.

Itulah awal mula terbentuknya cokelat yang bisa kita temukan dan beli dimana saja. Rasa cokelat yang manis membuat anak-anak menyukainya dan orang dewasa pun juga suka rasa cokelat yang manis. Setiap orang yang memakan cokelat akan merasakan kebahagiaan yang tidak terhingga. Sumber: vivanews.com.(kt11)
 




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved