Membuat Kulit Risol yang Ciamik
Selasa, 01/12/2015 - 07:25:06 WIB
Risol<br>
Risol

Sering mencicipi risol? Orang Belanda menyebutnya dengan rissole. Kudapan ini memiliki beragam isian rasa, tampilan maupun kualitas.

Pernah membeli risol kampung yang harganya tak seberapa tapi kulit risolnya sangat lembut. Namun, di lain waktu pernah membeli risol dengan harga bintang lima tapi kulit risolnya alot. Penuh tanda tanya bukan?

Benar, Anda pasti ingin tahu bagaimana cara membuat kulit risoles yang beda dengan yang dijual di pasar-pasar. Kulit risol yang lembut, tidak mudah robek, rasa yang mewah dan hasil akhir yang berwarna keemasan tapi dengan biaya yang terjangkau? Mari kita simak tip dan triks ini.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membuat risol. Seperti gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas baik. Perhatikan dengan teliti resep berkaitan takaran yang tepat dan seimbang sehingga menghasilkan kulit risol yang lembut, seperti penggunaan terigu, susu cair, mentega dan lain lain.Berikut tips lainnya :

Kental

Adonan untuk kulit risol agak kental. Untuk mendapatkan adonan yang mulus dan licin dan tidak mengumpal, encerkan adonan secara bertahap dan gunakanlah whisker untuk mengaduk adonan tadi.

Saring
Untuk memastikan tidak ada adonan yang mengumpal, saringlah supaya menghasilkan kulit risol  yang mulus.

Telur

Kulit risol yang lembut karena penggunaan air atau susu dan telur yang lebih banyak sehingga kulit risol ini tidak garing setelah di goreng tapi tetap lembut. Disarankan menggunakan susu sebagai pengencer agar lebih creamy.

Kanji

Jika belum terlalu mahir membuat kulit risol sehingga ada kekhawatiran robek, Anda bisa ditambahkan sedikit tepung kanji.

Air

Perlu diperhatikan jumlah penggunaan air di dalam adonan, karena adonan yang terlalu encer cenokerung rapuh dan gampang robek. Penambahan air ke adonan dilakukan sedikit demi sedikit sampai adonan terlihat kental.

Sendok

Saat mencampur adonan gunakan sendok karet/kayu biasa atau whisker agar adonan mulus dan tercampur rata. Pengadukan dilakukan searah dengan putaran jam. Jika masih ditemukan gumpalan kecil, saringlah adonan.

Kalis
Adonan yang kita buat juga harus diuleni sampai kalis agar tidak mudah robek. Istirahatkan adonan selama lebih kurang 20-30 menit sebelum didadar jadi kulit risol. Semakin lama didiamkan adonan akan makin lentur, halus dan licin.

Margarin
Penambahan margarin ke dalam adonan juga menjaga agar adonan tidak lengket saat didadar. Gunakan wadah teflon untuk menghindari adonan kulit risol lengket.

Teflon
Untuk membuat kulit risol atau sering kita sebut dengan kulit dadar, gunakan wajan teflon yang cekung agar tidak lengket . Tapi saat ini ada alat master crepes atau sering disebut wajan terbalik sehingga memudahkan kita untuk membuat dadar. Memang wajan terbalik ini lebih mahal harganya.

Api
Panaskan wajan Anda setelah itu gunakan api kecil, karena dadar gampang hangus karena tipis. Lakukan sampai adonan habis. Selamat mencoba.(kt5/okezone)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved