Garuda Muda Tundukan Kamboja 4-0
Selasa, 07/08/2018 - 06:50:35 WIB
Garuda Muda merayakan gol yang berhasil dilesatkan ke gawang Kamboja
Garuda Muda merayakan gol yang berhasil dilesatkan ke gawang Kamboja

JAKARTA-Timnas Indonesia U-16 memetik hasil sempurna di Grup A Piala AFF U-16. Garuda Muda melaju ke semifinal dengan poin sempurna 15, hasil dari lima kemenangan di Grup A. Teranyar, pasukan Fachri Husaini mengalahkan Kamboja dengan skor 4-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (6/8/2018) malam.

Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri menjadi bintang laga dengan hat-trick yang dibukukannya. Satu gol lagi diciptakan Rendy Juliansyah.

Indonesia tinggal menanti hasil dari pertandingan Grup B. Indonesia akan berhadapan dengan runner-up Grup B pada semifinal. Saat ini, posisi kedua Grup B diisi oleh Malaysia yang mengumpulkan enam poin dari tiga laga. Mereka tertinggal dari Thailand yang mencetak hasil sempurna dengan memenangkan tiga laga.

Jalannya laga

Indonesia memulai laga dengan langsung memberikan tekanan tinggi kepada tim The Royal Khmers. Coach Fachri tetap menurunkan skuat terbaiknya seperti Sutan Zico, Bagus dan Fajar Fathur Rachman walau Indonesia sudah dipastikan menjadi juara grup A.

Jual beli serangan langsung tersaji pada 10 menit pertama. Kamboja hanya sesekali maju untuk mengancam gawang Ahludz Dzikri Fikri. Tapi pada menit 10, serangan Indonesia menuai hasil. Sepakan salah satu gelandang Indonesia memantul karena tidak berhasil ditangkap dengan sempurna oleh kiper Kamboja Thorng Liminh. Rendy yang berada di kotak penalti langsung menyorongkan bola tanpa bisa lagi dihalau Liminh.

Selang 10 menit, giliran top skorer sementara kompetisi Bagus Kahfi yang unjuk kebolehan. Ia meliuk-liuk di depan kotak penalti usai menerima umpan sodoran dari rekannya. Bagus kemudian menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan keras kaki kiri. Bola mendarat sempurna lagi di jaring gawang Kamboja.

Indonesia belum puas untuk menghajar gawang tim tamu di laga ini. Bagus kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-33. Kali ini, Bagus memanfaatkan bola hasil kerja sama dengan Hamsa Medari Lestaluhu. Dengan mudah Bagus menjebol gawang Liminh. Gol ini jadi yang terakhir tercipta di babak pertama. Indonesia unggul 3-0 saat turun minum.

Pada awal babak kedua, Indonesia masih memainkan tempo cepat yang membuat Kamboja kesulitan menahan gempuran. Baru dua menit babak kedua dimulai, Indonesia mendapatkan hadiah penalti dari wasit. Bek Kamboja melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Hadiah penalti ini dieksekusi oleh Bagus yang sementara menjadi top skorer turnamen. Bagus dengan sempurna menggetarkan gawang Kamboja. Ini menjadi gol ke-13 yang dicetak Bagus di Piala AFF U-16 2018.

Setelah unggul 4-0, Indonesia tetap tidak menurunkan intensitas serangan. Berkali-kali  Rendy Juliansyah menebar ancaman ke gawang lawan. Baik dengan skema serangan yang dibangung dari bawah, maupun dengan memanfaatkan pola serangan balik. Tapi stamina yang mulai terkuras membuat timnas U-16 gagal memanfaatkan peluang menjadi gol. Skor 4-0 tetap bertahan hingga laga usai.

Indonesia punya waktu tiga hari untuk memulihkan stamina. Semifinal baru akan berlangsung pada Kamis (9/8) nanti di tempat yang sama, Stadion Gelora Delta Sidoarjo.(kt5)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved