Kalahkan Frosinone, Fiorentina ke Puncak klasemen
Minggu, 10/01/2016 - 23:59:57 WIB
<br>

Frosinone - Kemenangan telak 5-1 atas Frosinone mengantarkan Napoli ke puncak klasemen Serie A. Il Partenopei pun menjadi jawara paruh musim Italia.

Bertandang ke Stadio Comunale Matusa, Minggu (10/1/2016) malam WIB, Napoli punya kans bagus merebut puncak klasemen setelah Inter Milan yang tengah memimpin, takluk 0-1 dari Sassuolo. Kans itu dimanfaatkan dengan baik oleh anak asuh Maurizio Sarri.

Napoli menang telak 5-1 berkat dua gol Gonzalo Higuain dan gol-gol Raul Albiol, Marek Hamsik, serta Manolo Gabbiadini. Sepanjang laga, tim tamu memang tampil dominan.

Mereka unggul penguasaan bola 75%-25% seperti dicatat ESPN. Napoli total melepaskan 24 tembakan dengan 10 tepat sasaran, sedang Frosinone cuma punya sembilan upaya di mana hanya tiga yang mengarah ke gawang.

Dengan tambahan tiga poin, Napoli kini memimpin Serie A dengan nilai 41 dari 19 pekan. Mereka unggul dua angka dari Inter di peringkat dua. Sedang Frosinone belum beranjak dari urutan 18 dengan 15 angka.

Jalannya Pertandingan
Frosinone lebih dahulu mencatatkan upaya on target, meski tak terlalu mengancam. Sundulan Daniel Ciofani menyambut umpan silang Robert Gucher mengarah ke gawang dan mudah diamankan kiper.

Napoli kemudian menguasai permainan, namun sejumlah percobaan masih belum sukses. Sepakan Dries Mertens di menit ke-17 diblok, dua menit kemudian giliran upaya dari Allan yang dihalangi oleh Modibo Diakite.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Napoli memetik keunggulan. Umpan lambung Jorginho dari sisi kiri mengarah ke tiang jauh dan gagal dijangkau kiper. Bola lantas disambut sepakan voli Raul Albiol dan melesat ke dalam gawang.

Napoli kembali mencetak gol di menit ke-20. Menyusul pelanggaran Roberto Crivello terhadap Gonzalo Higuain di kotak penalti, wasit pun menunjuk titik putih. Higuain maju sendiri sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugas.

Sebuah sepakan dari Mertens di menit ke-37 masih bisa diamankan oleh kiper. Frosinone merespons dengan peluang Luca Paganini di dalam kotak penalti, tapi melenceng tipis ke kanan. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Napoli.

Napoli mencetak gol ketiga di laga ini pada menit ke-59. Usai menerima umpan dari Jose Callejon, Marek Hamsik menusuk lewat tengah dan melepaskan tendangan mendatar yang berakhir di pojok kiri bawah gawang. Massimo Zappino tak kuasa menjangkau bola.

Hanya semenit berselang, Napoli kembali mencetak gol. Berawal dari kesalahan kontrol pemain Frosinone, bola direbut Higuain dan merangsek sendirian lewat tengah. Penyerang Argentina itu melewati tiga pemain sebelum kemudian menaklukkan Zappino dengan kaki kiri.

Sebuah peluang kembali didapatkan Napoli lewat Mertens, tapi upayanya masih bisa dihalau kiper. Frosinone juga sempat mengancam melalui Danilo Soddimo, tapi belum berbuah hasil karena bisa diamankan Pepe Reina.

Di menit ke-71, Napoli memperbesar keunggulan. Manolo Gabbiadini yang menerima sodoran dari Callejon di depan kotak penalti, mengarahkan sepakan terarah ke pojok kiri atas gawang. Napoli kini unggul 5-0.

Mertens kembali melakukan percobaan di menit ke-74. Kali ini tendangannya melenceng sedikit ke kiri. Berikunya tembakan Jorginho diamankan kiper.

Di menit ke-81, Frosinone memperkecil ketertinggalan. Sepakan Paolo Sammarco meneruskan umpan Aleksandar Tonev, deras melesak ke gawang.

Napoli sempat beberapa kali menekan di sisa waktu, tapi tak berbuah gol tambahan. Laga berakhir dengan skor 5-1.(kt11)

Susunan pemain:

Frosinone: Zappino; M Ciofani, Diakite, Blanchard, Crivello; Sammarco, Gucher, Kragl (Chibsah 62); Paganini (Tonev 57), D Ciofani, Dionisi (Soddimo 67)
 
Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Strinic; Allan, Jorginho, Hamsik (Chalobah 78); Callejon (El Kaddouri 75), Higuain (Gabbiadini 66), Mertens




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved