Ketua DPRD dan Kepala Bappeda Bengkalis Diperiksa KPK
Selasa, 27/03/2018 - 16:00:35 WIB

PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami perkara dugaan korupsi proyek pembangunan Jalan Batu Panjang, Pangkalan Nyirih, Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau tahun 2013-2015. Empat orang saksi diperiksa ini hari ini.

"Ada 4 orang yang kita periksa hari ini. Pemeriksaannya di Jakarta," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Selasa (27/3/2018).

Keempat orang saksi itu adalah Ketua DPRD Bengkalis, Abdul Kadir, Kepala Bappeda Bengkalis, Jondi Indra Bustian, serta dua orang dari pihak swasta, yakni tenaga ahli PT Mawatindo Road Construction, Wayan Sumertha dan  staf  PT Widya Sapta Contractor, Heru Kuncoro.

Pemeriksaan saksi tersebut untuk melengkapi berkas dua tersangka yang sudah ditetapkan KPK, beberapa waktu lalu. Mereka adalah mantan  Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis yang kini menjabat Sekretaris Daerah Kota Dumai, Muhammad Nasir dan Hobby Hobby Siregar (HOS) selaku Direktur Utama PT MRC.

Proyek peningkatan jalan sepanjang 51 kilometer dan lebar 6 meter ini dianggarkan dengan dana Rp494 miliar. Proyek ini ditaksir merugikan negara sekitar Rp80 miliar. 

Terhadap kedua tersangka dikenakan Pasal 2 ayat 1 UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Untuk melengkapi bukti-bukti, sebelumnya KPK sudah melakukan penggeledahan di Kantor DPRD Bengkalis, dan Kantor Dinas PU Bengkalis.

Di sana, penyidik menyita dua koper dokumen terkait pengerjaan proyek jalan poros.
Selain itu, penyidik juga pernah melakukan penggeledahan di kantor Sekda Dumai, Kantor LPSE dan rumah subkontraktor di Dumai.

Beberapa hari lalu, KPK juga menggeldah kantor kontraktor di Pekanbaru. Penggeledahan dilakukan  di salah satu kantor di Kecamatan Tenayan Raya dan di Kecamatan Marpoyan Damai.(clc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved