Polda Riau Musnahkan Belasan Kilo Ganja, Sabu dan Ekstasi dari 5 Tersangka
Rabu, 02/11/2016 - 15:55:16 WIB

PEKANBARU - Sebanyak 19,64 kilogram ganja kering dimusnahkan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau, di Jalan Prambanan. Barang bukti tersebut hasil tangkapan salah seorang tersangka jaringan antar Provinsi asal Nangroe Aceh Darussalam, Rabu (2/11/2016) siang.

"Ganja tersebut dibawa langsung dari Aceh melalui jalur darat, " ungkap Kepala Subdit II Narkoba Polda Riau, AKBP Dasmin Ginting, Rabu (2/11/2016).

Dijelaskan Dasmin, tersangka berinisial MY diamankan petugas di sebuah rumah di Jalan Lumba-Lumba, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru beberapa waktu yang lalu. Dengan barang bukti sebanyak 20 kilogram daun ganja kering yang dibungkus dengan lakban.

"Sebanyak 20 kilogram daun ganja kering dimusnahkan, sisanya 0,34 gram akan dijadikan barang bukti di pengadilan nanti, " ucap Dasmin.

Lebih lanjut, Dasmin mengatakan bahwa tersangka ini mengaku sebagai pengedar yang memasok ganja dari Aceh, untuk disebarkan di Kota Pekanbaru dan sekitarnya dengan upah yang diterima sebesar Rp 10 juta.

Selain daun ganja kering, dalam pemusnahan ini, polisi juga turut memusnahkan sabu sebanyak 91,21 gram serta 108 butir pil ekstasi. Seluruhnya diamankan dari 4 orang tersangka, masing-masing RA alias Riko, SF alias Ferry, J alias Emi dan S alias Girin.

"Keseluruhan empat orang tersangka tersebut, mempunyai jaringan pengedar narkoba yang berbeda-beda, " jelas Dasmin.

Dalam pemusnahan barang bukti tersebut, daun ganja kering dilakukan dengan cara dibakar, sementara sabu-sabu dilarutkan dengan menggunakan air beserta pil ekstasi yang kemudian dihancurkan dengan menggunakan Blender.

Dasmin sendiri mengakui, kalau peredaran narkoba diwilayah Provinsi Riau terbilang sangat tinggi. Untuk itu, jajarannya akan terus meningkatkan penindakan tegas guna memerangi jaringan narkoba.

Dasmin juga mengimbau kepada masyarakat secara bersama-sama memberantas peredaran narkoba. "Oleh karena itu, dalam memerangi narkoba selain meningkatkan penindakan juga membutuhkan kerjasama masyarakat, " imbuh Dasmin.*





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved