Bareskrim Amankan 17 Ribu ton jagung Ilegal asal Brazil
Jumat, 15/01/2016 - 08:17:00 WIB
Ilustrasi<br>
Ilustrasi

JAKARTA-Bareskrim Mabes Polri bersama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian mengamankan dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal pengangkut jagung impor dari Brasil di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bahan pangan jagung import seberat 17 ribu ton tersebut masuk ke Indonesia tanpa disertai dengan adanya surat rekomendasi yang jelas alias ilegal.

Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah mengakui telah mendapatkan pelaporan adanya jagung dari luar negeri masuk ke dalam wilayah negara Indonesia.

"Hanya saja, jagung masuknya jagung impor tersebut tanpa adanya rekomendasi. Kami mendapatkan laporan dari temen-temen di karantina bahwa ada jagung dari luar masuk ke RI. Setelah dicek di lapangan, benar ada jagung dan surat-suratnya baru dicek," ungkap Nasrullah saat pengecekan di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah Kamis, (14/1/2016).

Nasrullah mengakui bahwa sampai sejauh ini di tahun 2016, belum mengeluarkan rekomendasi masuknya pangan ke dalam negeri. Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 57 yang diterbitkan pada 1 Desember 2015, menyebutkan bahwa pakan dari tumbuhan sebelum masuk harus mendapatkan rekomendasi.

Pihaknya bersama Bareskrim Polri akan terus melakukan pengecekan secara detail. Bahkan, pengecekan akan dilakukan pengecekan data baik di karantina, Bea Cukai dibeberapa pelabuhan yang pernah disandari kapal tersebut.(KT5)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved