KPK Dipastikan Tak Hadiri di Sidang Perdana Praperadilan RJ Lino
Senin, 11/01/2016 - 06:44:49 WIB
Rj Lino<br>
Rj Lino

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tak akan hadir di sidang perdana praperadilan mantan Direktur Utama PT Pelindo II, RJ Lino. Sidang itu sendiri digelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terkait gugatan Lino atas status tersangka yang disematkan KPK kepadanya.

"Tidak hadir, tim hukum masih perlu konsolidasi termasuk dengan para ahli," kata Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati saat dikonformasi, Senin (11/1/2016).

Sebelumnya, Yuyuk menyampaikan, pihaknya sudah berkirim surat dengan PN Jakarta Selatan guna meminta sidang praperadilan tersebut ditunda sampai dua minggu ke depan.

"KPK hari ini mengirimkan surat kepada PN Jakarta Selatan untuk minta penundaan sidang praperadilan RJL (RJ Lino) hingga dua minggu ke depan," kata Yuyuk di Gedung KPK,seperti dilansir okezone.

Sedianya, hari ini PN Jakarta Selatan akan menggelar sidang perdana praperadilan Lino sekira pukul 09.00 WIB. Hakim tunggal Udjiati akan menangani dan mengadili gugatan Lino.

Seperti diketahui, KPK menetapkan mantan RJ Lino sebagai tersangka. Lino diduga menunjuk langsung perusahaan asal China, Wuxi Huang Dong Heavy Machinery dalam pengadaan crane tersebut.

Belakangan, atas status tersangka yang disandangnya, Menteri BUMN mencopot Lino dari kursi empuk pimpinan perusahaan plat merah itu. Lino kini mengundi nasib lewat langkah hukum praperadilan.

Atas perbuatannya, Lino disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

KPK sendiri sudah memeriksa sejumlah saksi yang berasal dari Pelindo II dalam dua minggu belakangan ini. Namun, sampai saat ini, lembaga antirasuah itu masih belum mau mengungkapkan total kerugian negara akibat perbuatan Lino. (kt5)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved