Tiap Anak Minimal satu Tahun di PAUD
Rabu, 24/01/2018 - 09:24:55 WIB

JAKARTA-Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dikmas Kemendikbud Harris Iskandar mengatakan pendidikan PAUD menjadi dasar pembangunan manusia berkualitas. Untuk itu, pencanangan penuntasan ikut PAUD minimal satu tahun pra-sekolah dasar, harus segera dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia.

"Pendidikan PAUD akan berpengaruh pada penurunan angka drop out kelas awal SD dan meningkatkan prestasi belajar," ujar Harris saat membuka acara Pencanangan dan Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Minimal Satu Tahun Pra SD di Kabupaten Bireuen, Aceh, Selasa (23/1/2018).

Harris juga menyatakan bahwa PAUD berkualitas adalah alat yang paling ampuh untuk memformat kualitas manusia yang membangun secara bekelanjutan kesehatan dan kesejahteraan manusia, lingkungan, dan ekonomi juga akan mempengaruhi kualitas kehidupan. "Format kualitas manusia harus bagus sedini mungkin diperbaiki, karena menentukan generasi mendatang," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Oleh karenanya, Pencanangan Penuntasan Ikut PAUD Minimal Satu Tahun Pra SD harus segera dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut selaras dengan Nawacita Jokowi-JK dan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Sementara Direktur Pembinaan PAUD Ella Yulaelawati mengatakan, bahwa kedepannya pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah beserta masyarakat harus bisa menjamin anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan prasekolah dasar yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar.

Ella berharap melalui berbagai dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dapat berkomitmen secara nyata dan substantif untuk memajukan PAUD di daerahnya masing-masing.

Acara tersebut dihadiri sebanyak 300 orang terdiri dari Camat se-Kab Bireuen, Bunda PAUD, Sekretaris Daerah Kab Bireuen, Asisten II, Kepala Balai Pengembangan PAUD Aceh, Kepala Satuan PAUD/TK se Kab Bireuen.(kt5)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved