Bantu pemerintah, Anak SMA Tanggerang Buat Drone
Senin, 18/01/2016 - 09:08:09 WIB
Siswa SMA Tanggerang saat launching Drone yang dibuatnya (okezone)<br>
Siswa SMA Tanggerang saat launching Drone yang dibuatnya (okezone)

TANGERANG SELATAN-Kelompok siswa dari sekolah SMU Candle Tree sukses menguji coba sebuah drone hasil karya mereka sendiri. Para siswa itu berharap pesawat tanpa awak yang lazim disebut Unmanned Aerial Vehicle (UAV) itu dapat membantu pemerintah dalam memantau wilayah Indonesia.

Launching drone hasil karya para siswa tersebut dilakukan di halaman sekolah Candle Tree yang berada di Jalan Jati, Serpong Utara, Tangerang Selatan, baru-baru ini. Dalam pertunjukan itu, drone yang menggunakan empat penggerak baling-baling tersebut sempat melakukan berbagai manuver di udara.

"Kami bangga, dengan waktu yang tidak terlalu lama siswa kami bisa berinovasi dalam teknologi, ini bukan hal yang mudah tapi mereka mampu melakukannya," kata Kepala Sekolah SMU Candle Tree, Siprianus Peren, seperti dilansir okezone

Kelompok siswa yang terdiri dari kelas 10, 11 dan 12 dari SMU Candle Tree itu juga menjelaskan detail tentang specifikasi dan gerakan drone yang mereka ciptakan, seperti Altitude yakni gerakan naik-turun, Yaw gerakan berputar, Pitch gerakan maju-mundur, serta Roll yakni gerakan ke kiri dan ke kanan.

"Komponennya terdiri dari electronic speed controller, receiver, frame, GPS, battery, remote control. Semuanya itu harus kami padukan dalam satu software agar bisa mengendalikan drone itu," ujar sang ketua kelompok, Ivan Alexander.

Diakui juga oleh kelompok siswa itu jika drone yang mereka ciptakan masih tergolong prototype awal, hal itu dinilai dari ketinggian terbang yang baru mencapai maksimum 20-30 meter, sedangkan daya operasi hanya bertahan sekira tiga jam. Mereka berharap, karya mereka dapat disempurnakan sehingga bisa memberikan peran maksimal untuk membantu pemerintah baik itu dalam bidang keamanan ataupun sosial.(kt5)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved