Pria India Berhasil Ciptakan Mobil Berbahan Bakar Air dan Karbit
Rabu, 06/01/2016 - 08:20:27 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Mohammad Raees Markani sukses melakukan eksperimen terhadap mesin mobilnya yang mampu bekerja dengan bahan bakar campuran dari air dan karbit. Pria berusia 44 tahun ini memanfaatkan gas asetilena hasil reaksi kimia antara karbit dan air.


"Gas ini telah lama digunakan pada beberapa industri di antaranya pengelasan dan lampu portabel untuk pertambangan. Kali ini, saya memanfaatkannya untuk menggerakkan mesin mobil," ujar Markani sebagimana diwartakan Mirror.

Ia mengklaim, penggunaan karbit dan air sebagai bahan bakar sangat ekonomis. Bagaimana tidak, biaya satu liter bahan bakar hanya 2 sen pound sterling atau sekira Rp 411. Selama eksperimen ia menggunakan mobilnya yang dikemas mesin 800 cc. 

BACA JUGA
Mana Lebih Hemat, Mobil Bensin atau BBG?
Frustasi BBM Naik, Pria Ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air
Bir Disulap Jadi Bahan Bakar Mobil
Sementara itu, Markani telah mengajukan paten terkait eksperimennya ini. Bahkan, perusahaan otomotif China tertarik untuk mengembangkan idenya lebih lanjut. 

"Pasar untuk mobil ramah lingkungan semakin besar dan perusahaan mobil di seluruh dunia sedang mencari cara untuk menciptakan kendaraan yang rendah emisi. Hasil eksperimen saya ini menjadi alternatif untuk menciptakan kendaraan yang rendah biaya dan ramah lingkungan," jelas Markani.

Namun demikian, Markani menegaskan jika ia tidak berkenan karyanya dibangun di luar tanah kelahiran di Madhya Pradesh. Ia meminta seluruh perusahaan yang tertarik memproduksi kendaraan dengan teknologi berbasis air ini harus dilakukan di kampung halamannya.

"Saya ingin melakukan perubahan pada kampung halaman. Jadi, kelanjutan hasil kerja saya ini harus dilangsungkan di sini," tuntasnya.




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved