Gempa Donggala, Telkomsel Klaim Layanan Pulih 70 Persen
Senin, 01/10/2018 - 07:03:11 WIB

JAKARTA - Telkomsel mengklaim pemulihan jaringan telekomunikasi yang terganggu akibat gempa bumi dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu akhir pekan kemarin sudah mulai berjalan. Saat ini mereka mengklaim layanan komunikasi dengan Telokmsel sudah pulih 70 persen.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan pemulihan tersebut tak lepas dari pasokan listrik yang mulai berangsur normal. Saat ini, pihaknya sedang berkonsentrasi memulihkan titik jaringan strategis di sekitar lokasi bencana.

"Sampai sore ini sudah hampir 60-70 persen sudah recovery," ujar Denny via telepon, Minggu (30/9) petang.
 
Ia menceritakan dari sekitar tujuh gardu utama di sekitar lokasi bencana, dua di antaranya sudah beroperasi kembali. Kondisi demikian berpengaruh pada pemulihan jaringan Telkomsel, terutama untuk jaringan pita lebar 4G mereka.


Alhasil layanan data 4G Telkomsel sudah mulai membaik di beberapa tempat di Sulawesi Tengah. "Titik-titik 4G itu ada di Kota Palu, Kabupaten (Parigi) Moutong, juga di Poso, Buol, Toli-Toli, dan lainnya," imbuh Denny.

Telkomsel hingga saat ini masih berupaya mengembalikan kondisi jaringan ke taraf normal dengan berkoordinasi sejumlah instansi seperti PLN dan Pertamina. Hal itu mereka perlukan guna mengoperasikan kebutuhan energi menara based transceiver station (BTS) dan mobile backup power unit di lokasi bencana.

"Fokus kita ke depan selain menormalkan yang ada di Poso, kita akan masuk ke daerah remote seperti Donggala," pungkas Denny.

Sebelumnya, Telkomsel mengumumkan layanan SMS dan suara mereka berangsur pulih sejak gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Palu dan Donggala. Sejak gempa itu terjadi, kualitas jaringan Telkomsel turun drastis dua hari terakhir di sana.

Telkomsel mengatakan pihaknya mengerahkan 40 mobile power, 15 fixed genset, dan 25 perseonel TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk mengembalikan jaringan telekomunikasi di area terdampak bencana, seperti yang dilansir dari cnnindonesia.

Denny menjelaskan, Telkomsel juga akan mendirikan posko darurat untuk mempercepat pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.(rilis)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved