Penerimaan Pajak Sumbar-Jambi Rp8,9 T
Selasa, 20/03/2018 - 11:27:35 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PADANG - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Barat (Sumbar) dan Jambi menyatakan penerimaan pajak pada tahun 2017 mencapai angka 92 persen dengan total nilai Rp8,9 tiriliun.

"Kami mendapatkan peringkat ketujuh nasional dari 33 Kanwil Pajak di seluruh Indonesia, harapannya tentu tahun ini dapat lebih baik lagi," kata Kepala Kantor Wilayah DJP Sumbar dan Jambi Aim Nur Saleh saat sosialisasi e-Filling dan e-Billing "SpecTAXcular di Padang.

Menurutnya, target dari Kementerian Keuangan sebesar Rp9,7 triliun, namun pihaknya hanya mencapai Rp8,9 triliun atau sekitar 92 persen. Capaian itu diatas ranking nasional, yakni sebesar 90 persen.

Dahulu, lanjutnya DJP Sumbar-Jambi selalu berada diatas ranking 12 nasional.

Sementara untuk kepatuhan melaporkan pajak orang pribadi mencapai angka 97,47 persen sedangkan badan baru 65,70 persen. Persentase pelaporan pajak badan usaha masih rendah dibanding pelaporan pajak pribadi.

Dikatakannya, ada berbagai kendala yang dihadapi badan dalam melakukan pelaporan, yakni perusahaan sudah tidak aktif lagi, perusahaan mengalami kerugian dan perusahaan bepindah.

Ia mengatakan di Sumatera Barat perekonomian dikuasai oleh lima usaha, yaitu karet dan sawit, industri Semen Padang serta turunannya, industri finansial, administrasi pemerintahan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kita fokus dalam meningkatkan pelaporan pajak dari badan usaha tersebut baik melalui sosialisasi dan pendampingan dari pihaknya. Saat ini perekonomian di Sumatera Barat dalam peningkatakan apalagi pemerintah berupaya memacu perekonomian dengan peningkatan infrastruktur dan pariwisata," terangnya dilansir antarasumbar.

Dalam meudahkan pelaporan, dirinya mengajak wajib pajak untuk memanfaatkan fasilitas E-Filling dan E-Form dalam menunaikan kewajiban melaporkan SPT tahunan, sehingga tidak perlu datang ke kantor pajak.(kt11)







comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved