Seorang Biarawan Dituduh Membunuh Uskup Koptik di Mesir
Senin, 13/08/2018 - 09:52:49 WIB

SEORANG biarawan dituduh melakukan pembunuhan terhadap seorang Uskup Kristen Koptik di sebuah biara di pedalaman Mesir.

Uskup Epiphanius (64) ditemukan tewas di Biara Saint Macarius di Wadi Natroun, barat laut Kairo, pada 29 Juli lalu.

Wael Saad, yang telah menjadi biarawan di biara itu, disebut menggunakan tiang besi untuk memukul uskup sampai mati. Motif pembunuhan hingga kini belum jelas.

Pembunuhan uskup Epiphanius ini mengejutkan Gereja Koptik mesir, yang pengikutnya berjumlah sekitar 10% dari populasi Mesir.

Wael Saad, yang ketika menjadi biarawan dikenal sebagai Yesaya al-Makari, dilucuti dari gelar agamanya menyusul kematian uskup. Gereja mengatakan sebelumnya biarawan itu telah diselidiki atas pelanggaran-pelanggaran tugasnya yang sudah berlangsung lama.

Jaksa di Alexandria mengatakan dia secara resmi dituntut pada hari Jumat (10/8) lalu dan ditempatkan di tahanan menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Setelah kematian uskup, Gereja Koptik melancarkan tindakan keras terhadap perilaku pendeta dan membekukan rekrutmen para biarawan baru selama setahun.

Para biarawan juga diperintahkan untuk menutup akun media sosial mereka. Bahkan, Paus Ortodoks Koptik II juga menutup halaman resmi Facebook-nya.

Koresponden BBC di Mesir mengatakan langkah-langkah itu menunjukkan perbedaan pendapat dalam Gereja Koptik yang berkaitan dengan pembunuhan uskup. (ozc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved