Mantan Istri Nelson Mandela Meninggal Dunia
Selasa, 03/04/2018 - 08:38:52 WIB

Johannesburg - Mantan istri Nelson Mandela, Nomzamo Winifred Zanyiwe Madikizela (Winnie), meninggal dunia di usia 81 tahun. Winnie meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit sejak awal tahun 2018.

"Dengan kesedihan mendalam kami menginformasikan kepada publik bahwa Nyonya Winnie Madikizela-Mandela meninggal di Rumah Sakit Netcare Milpark, Johannesburg, Afrika Selatan pada Senin (2/4)," kata juru bicara keluarga, Victor Dlamini seperti dilansir AFP, Senin (2/4/2018).

Meski begitu, pihak keluarga tidak menyebut penyakit apa yang menyebabkan Winnie meninggal dunia. Hanya disebutkan, Winnie mengindap penyakit berkepanjangan.

Winnie bercerai dengan Mandela pada Maret 1996. Dia diceraikan oleh Mandela karena berselingkuh dengan pengacara muda bernama Dali Mpofu.

Di pengadilan terungkap, 'perzinahan' sebagai alasan cerai. "Jika seluruh alam semesta membujuk saya untuk berdamai dengan tergugat, saya tidak akan ... saya bertekad untuk menyingkirkan pernikahan tersebut," tutur Mandela dalam persidangan, 19 Maret 1996.

Saat putusan itu diketuk, Nelson Mandela telah menjadi Presiden Afrika Selatan. Pada 1998, pada ulang tahunnya ke-80 Mandela menikahi Graca Machel, janda Presiden Mozambik, Samora Machel.

Dalam buku 'Knowing Mandela' disampaikan bahwa Winnie dan Nelson menikah pada 1958. Winnie merupakan istri kedua Mandela yang aktif dalam gerakan politik. Dari pernikahan dengan Winnie, Mandela memiliki dua orang anak. (dtc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved