Qatar Sediakan 1.000 Unit Rumah Bagi Korban Perang Palestina
Minggu, 17/01/2016 - 11:55:48 WIB
<br>

GAZA - Pemerintah Qatar menyediakan 1.000 rumah baru bagi warga Palestina yang kehilangan rumahnya akibat perang dengan Israel yang berlangsung di Gaza pada 2014. Pejabat terkait mengatakan jumlah rumah yang sama juga disediakan kepada keluarga-keluarga yang berpendapatan rendah di wilayah itu.


Setelah perang yang pecah pada 2014 lalu, Pemerintah Qatar telah berjanji untuk mengucurkan USD1 miliar untuk proyek pembangunan di Gaza. Dari jumlah itu USD 50 juta diantaranya telah dibayarkan kepada warga yang rumahnya hancur untuk mendanai pembangunan kembali kedaiamannya.

"Qatar melakukan segala upaya untuk membantu warga di Gaza di bidang kelistrikan, pertanian, infrastruktur, dan perumahan, termasuk membangun kembali rumah-rumah yang hancur," demikian kata utusan Qatar Mohammad Al Amadi kepada Reuters, Minggu (17/1/2016).

Meski begitu, upaya dari Qatar mendapat hambatan dari pelarangan impor barang yang diberlakukan Israel. Larangan impor itu termasuk produk-produk yang dicurigai Israel digunakan Hamas untuk memperkuat pertahanan , salah satunya adalah semen.

Meski pelarangan itu telah dikurangi karena campur tangan PBB, ahli ekonomi Gaza Maher Al Tabbaa mengatakan bahwa pelarangan itu berdampak besar bagi kemajuan proyek.

Indonesia sebagai negara yang memiliki hubungan dekat dengan Palestina juga memberikan sumbangsihnya bagi warga Gaza dengan mendanai pembangunan rumah sakit terbesar di Gaza utara yang dibuka Desember 2015. Rumah Sakit Indonesia di Gaza adalah pusat medis baru pertama yang berdiri di sana dalam dekade terakhir.*




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved