Swedia Serukan Penyelidikan Terhadap Pasukan Israel
Kamis, 14/01/2016 - 08:06:29 WIB
<br>

STOCKHOLM - Menteri Luar Negeri Swedia menyerukan penyelidikan terhadap pasukan Israel yang diduga telah melakukan pembunuhan di luar prosedur hukum dalam bentrokan dengan warga Palestina.

"Sangat penting ada investigasi yang kredibel dalam kematian ini untuk mengklarifikasi dan memberikan hasil yang akuntabel," ujar anggota parlemen Swedia Margot Wallstrom.

Ia menjelaskan, setidaknya 140 warga Palestina tewas oleh tentara Israel sejak pertengahan September lalu. Serangan harian dan pembunuhan oleh tentara Israel ini cukup untuk menjadi bekal PBB melakukan penyelidikan.

Wallstrom meminta komisaris tinggi PBB untuk hak asasi manusia, serta kelompok-kelompok hak asasi manusia, untuk melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan pembunuhan di luar hukum oleh Israel.

Hubungan Swedia dengan Israel mengalami ketegangan sejak 2014.  Komentar Swedia terkait konflik Israel-Palestina menimbulkan kemarahan dari para pejabat Israel.

Wallstrom menambahkan, upaya yang dilakukan Swedia bukan untuk menimbulkan ketagangan dengan Israel. Melainkan agar kedua negara sama-sama memiliki hak hidup. "Kami adalah teman Israel dan Palestina," katanya dilansir republika.co.id.(kt10)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved