Langgar Batas Wilayah, Iran Tahan Dua Kapal Perang AS
Rabu, 13/01/2016 - 14:07:31 WIB
<br>

JAKARTA - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) menyatakan dua kapal perang mereka hilang kontak di Perairan Teluk. Setelah dikonfirmasi lebih lanjut, ternyata awak kedua kapal ini ditahan otoritas keamanan Iran. Ada 10 personel militer AS yang sekarang diamankan oleh Negeri Mullah itu.

Saat ditangkap, kapal perang AS sedang dalam perjalanan dari Kuwait menuju perairan Bahrain. Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, membenarkan bahwa pihaknya mencegat dua kapal dari Angkatan Laut AS.

Negosiasi sejak semalam berlangsung antara Javad dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry. AS menuntut personil militernya tidak dilukai selama penahanan.

"Kami segera menghubungi Iran, dan telah menerima jaminan bahwa kapal beserta awaknya akan segera dibebaskan," Juru bicara Pentagon Peter Cook seperti dilansir Stasiun Televisi Al Arabiya, Rabu (13/1) seperti dilansir dari merdeka.com.

Insiden ini terjadi di dekat Kepualauan Farsi, yang memang masuk wilayah peraraian Iran. Pihak yang mencegat kapal perang AS itu adalah pasukan khusus Garda Revolusi Iran. Tapi tidak dijelaskan, apa alasan penahanan sementara 10 awak kapal tersebut.*




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved