Optimalisasi Fasilitas KPR
BRK Tandatangani Mou dengan Kemenpupera RI dan SMF
Senin, 21/12/2015 - 08:04:51 WIB
<div style="position: absolute; top: -1999px; left: -1988px;" id="stcpDiv">Dirut
 BRK  DR. Irvandi Gustari  (4 dari kiri) didampingi oleh Dir. Kredit dan
 Syariah BRK Afrial Abdullah dan Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto 
(5 dari kir
Dirut BRK  DR. Irvandi Gustari  (4 dari kiri) didampingi oleh Dir. Kredit dan Syariah BRK Afrial Abdullah dan Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto (5 dari kir

PEKANBARU-Guna mendukung kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Bank Riau Kepri dipercaya oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR RI) untuk ikut serta dalam program satu juta rumah yang telah dijalankan.

Untuk realisasinya dilakukan penandatanganan kerjasama Bank Riau Kepri dan 6 BPD lain dengan Kementrian PUPR RI, Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) pada Kamis (17/12/2015) di Jakarta.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maurin Sitorus, Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Kresno Sediarsi , Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto serta Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari.

Program satu juta rumah merupakan program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui Kementrian PUPR  yang pelaksanaannya diemban oleh SMF. SMF yang merupakan BUMN di bawah Kementerian Keuangan selanjutnya mengalirkan dana dari pasar modal ke penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan  tujuan percepatan KPR di Indonesia sehingga terjangkau oleh masyarakat, terutama masyarakat menengah bawah yaitu memfasilitasi program sekuritisasi bagi penyalur KPR, serta menyediakan fasilitas pembiayaan kepada penyalur KPR dengan sumber dana dari penerbitan surat utang.

Bank Riau Kepri yang senantiasa proaktif dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah, dipercaya menjadi perpanjangan tangan untuk program satu juta rumah tersebut sebagai salah satu penyalur KPR untuk daerah Riau dan Kepulauan Riau.

Saat ditemui usai penandatangan kerjasama tersebut Dirut Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari menyampaikan bahwa kebutuhan masyarakat setiap tahun akan rumah selalu meningkat, oleh karenanya dengan kerjasama Bank Riau Kepri dengan Kementrian PUPR RI dan PT. SMF akan membantu Masyarakat berpengasilan rendah untuk memiliki rumah.

Dirut BRK dan Dir. Kredit Syariah BRK dan Dirut PT. SMF serta 6 Dirut BPD lainnya berpoto bersama usai lakukan penandatanagan kerjasama.


Dirut BRK  DR. Irvandi Gustari  (4 dari kiri) didampingi oleh Dir. Kredit dan Syariah BRK Afrial Abdullah dan Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto (5 dari kiri) bersama 6 Dirut BPD lainnya tandatangani nota kesepahaman.

"Peran Bank Riau Kepri dan BPD lainnya sangat vital, sebab menjadi penyalur KPR di masing-masing daerah," sambung Irvandi menjelaskan. SMF siap membantu Bank Riau Kepri serta BPD  lainnya dalam hal pendanaan jangka panjang karena sesuai dengan UU BKP, di mana fungsinya sama dalam hal pembiayaan perumahan.

Ke depannya, SMF juga nantinya akan menyampaikan sosialisasi program perumahan dan program pembiayaan perumahan kepada BPD, pendidikan dan pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkungan BPD, pemberian bantuan teknis pengembangan KPR BPD dengan koordinasi para pemangku kepentingan terkait, peningkatan kapasitas penyaluran dan pengadaan sumber pembiayaan KPR BPD, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan perjanjian yang telah disepakati.

Saat ini permasalahan utama penghambat realisasi perumahan guna mengatasi backlog perumahan yang saat ini sekitar 15 juta unit rumah adalah sumber pembiayaan, selain juga ketersediaan rumah itu sendiri. Di Indonesia setiap tahun kebutuhan akan rumah terus meningkat untuk, tahun 2015 sebanyak 800 sampai 900 ribu masyarakat membutuhkan rumah,  belum lagi  baclog yang harus di atasi. Sedangkan daya beli masyarakat Indonesia untuk rumah hanya 25 persen dari 250 juta penduduk.

Dengan perjanjian kerjasama yang telah dilaksanakan tersebut tentu saja menjadi angin segar untuk masyarakat di Riau dan Kepulauan Riau untuk memiliki rumah pribadi dan Irvandi berharap Bank Riau Kepri  sebagai salah satu penyalur KPR  dapat segera mewujudkan impian sebagian masyarakat untuk memiliki rumah.(adv/humas)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved