Pelantikan Pemenang Pilkada Dilaksanakan Bulan Juni
Kamis, 07/01/2016 - 01:37:58 WIB
<br>

JAKARTA - Direktur Jenderal Otonomi, Daerah Sonny Soemarsono mengatakan bahwa pelantikan kepala daerah terpilih, pemenang pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, belum bisa dilakukan pada Januari 2016 ini.

"Tidak mungkin kalau Januari. Ini sudah 6 Januari, kan ada proses DPRD dan paripurna," kata Sonny dilansir vivanews.com.

Kata Sonny, segala urusan teknis pelantikan memang menjadi wewenang Kemendagri. Karena itu, Perpres tentang pelantikan Kepala Daerah (Kada) dan Peraturan Pemerintah (PP) tata cara pelantikan sedang dibahas draf-nya.

"Yang jelas kita siapkan (pelantikan) Maret dan Juni. Itu persiapan surat resmi kita. Itu paling masuk akal. Itu kalau dua tahap. Kalau satu tahap yang paling masuk akal Juni. Toh demikian wacana Januari Pak Menteri itu tidak mungkin, tegas Sonny.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menginginkan pelantikan bisa dilakukan dua tahap, bulan Januari bagi daerah yang tidak ada sengketa hasil pilkada dan Maret usai MK memutuskan hasil sengketa Pilkada. Hal itu kata Tjahjo, agar roda perekonomian di daerah bisa berjalan.(kt11)   






comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved