Mendeteksi Sistem Imun Tubuh
Senin, 23/04/2018 - 13:27:41 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA-Sistem imun merupakan kemampuan tubuh untuk menangkal pengaruh buruk bakteri, virus, dan kuman. Sistem imun yang kuat tidak hanya menjauhkan dari batuk dan pilek. Akan tetapi juga menghindarkan diri dari penyakit-penyakit yang lebih serius seperti hepatitis, infeksi paru-paru, hingga infeksi ginjal.

Namun ada kalanya sistem imun tubuh berada dalam kondisi yang tidak prima. Untuk mengenali tanda-tanda sistem imun tubuh yang sedang lemah, pakar kesehatan holistik Luke Coutinho menjelaskan beberapa sinyalnya.Berikut tanda sistem imun tubuh yang lemah dilansir dari Times of India.

Sering infeksi atau alergi
Jika sering terkena batuk, pilek, dan gatal-gatal pada kulit maka itu adalah tanda daya tahan tubuh sedang lemah. Diare dan gusi bengkak juga bisa menjadi tanda sistem imun yang lemah.

Berolahraga adalah cara terbaik memperbaiki daya tahan tubuh. Selain itu, minum ramuan yang terbuat dari jahe, kayu manis, bawang putih, atau cengkeh juga mampu menghangatkan badan.

Suhu oral tubuh yang normal berkisar pada 36,3 derajat Celcius. Jika suhu oral menyentuh angka 33 derajat Celcius, maka kondisi tersebut menjadi lingkungan yang disukai rhinovirus untuk berkembang biak.

Tak pernah demam

Demam adalah cara tubuh melawan penyakit namun banyak dari kita berusaha menghilangkan demam. Padahal demam adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh. Jika kita tidak pernah demam dalam waktu yang lama atau bahkan hingga bertahun-tahun, bisa jadi itu adalah tanda sistem imun tubuh yang buruk.

Kesehatan usus terganggu
Sekitar 80 persen daya tahan tubuh berasal dari usus. Perut kembung, susah buang air besar, atau asam lambung naik adalah sinyal yang dikirim tubuh untuk memberitahu bahwa daya tahan sedang lemah.

Terganggunya kesehatan usus menandakan ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat. Segera konsumsi minuman probiotik untuk mengembalikan kesehatan usus.

Kurang vitamin D3
Vitamin D3 adalah biangnya dalam menjaga daya tahan tubuh. Jika kita cepat merasa lelah, lesu, didera insomnia, atau lama dalam penyembuhan luka, maka itulah tanda tubuh kekurangan vitamin D3. Untuk mengatasinya, jauhi konsumsi gula dan garam berlebih serta hindari makanan olahan.(kt5)





comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved