Alasan Melipat Meja Pesawat Saat Lepas Landas
Rabu, 31/01/2018 - 16:45:57 WIB
Ilustrasi, Meja Pesawat
Ilustrasi, Meja Pesawat

Segala hal yang terjadi di dalam pesawat sudah diperhitungkan baik dari sisi keamanan maupun kesalamatan. Salah satunya melipat meja di hadapan penumpang.

Melipat meja adalah salah satu instruksi yang selalu diingatkan pramugari sebelum lepas landas (take off)dan mendarat (landing). Namun, apakah alasan sesungguhnya di balik instruksi ini?

Menurut manager komunikasi Jet Blue Morgan Johnston, melipat meja sebelum lepas landas dan mendarat adalah bagian dari regulasi yang diterapkan oleh Federal Aviation Administration (FAA), sebuah pengawas keselamatan penerbangan di Amerika. "Pada dasarnya, alasan di balik melipat meja ini agar kru pesawat bisa lebih mudah dalam hal evakuasi penumpang jika terjadi sesuatu yang darurat," ujar mantan kru pesawat Kelly Kincaid dikutip Travel and Leisure.

Kincaid menjelaskan lepas landas dan mendarat adalah fase paling kritis dalam sebuah penerbangan. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Boeing pada 2014 menunjukkan lebih dari 60 persen kejadian fatal terjadi selama lepas landas dan mendarat.

Selain melipat meja, banyak instruksi lainnya yang juga memperhatikan sisi keamanan dan keselamatan penumpang. Misalnya membuka penutup jendela hingga mematikan ponsel.(kt5)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved