7 Hal Tersembunyi di Pesawat Terbang
Sabtu, 02/12/2017 - 11:57:41 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Selain hal-hal yang diinformasikan pramugari lewat instruksi keamanan dan selebaran, pesawat terbang menyimpan hal-hal lain yang kerap luput dari perhatian penumpang. Berikut sederet fitur tersembunyi dalam pesawat terbang yang jarang diketahui, dikutip dari laman Telegraph.

Segitiga hitam
Jendela tidak hanya disediakan agar penumpang bisa menikmati pemandangan dari langit, tapi juga sebagai fitur keamanan. Ketika kru merasa ada sesuatu yang bermasalah dengan bagian sayap pesawat, mereka akan segera memeriksa lewat jendela yang memiliki tanda segitiga hitam pada dinding bagian atasnya.

Bleed hole
Jendela pesawat terbang memiliki tiga lapisan kaca dan ada lubang kecil bernama bleed hole pada lapisan kaca kedua. Fungsinya adalah untuk mengurangi tekanan yang ada di lapisan kaca bagian tengah, sehingga hanya kaca lapisan luar saja yang menghadapi tekanan selama penerbangan.

Kamar tidur rahasia
Percaya atau tidak, pesawat memiliki cukup ruang untuk kamar tidur rahasia yang diperuntukkan bagi para awak kabin. Sebagian besar pesawat yang dirancang untuk penerbangan jarak jauh memiliki kompartemen khusus di mana pramugari dapat tidur siang, membaca buku, atau sekadar beristirahat.

Kait sayap
Fitur aneh yang terletak di bagian sayap pesawat ini bisa membantu menyelamatkan penumpang jika terjadi pendaratan darurat di atas air, khususnya evakuasi melalui sayap pesawat. Tali bisa dikaitkan di sana sehingga penumpang dapat berpegangan tanpa takut tergelincir ke air.

Masker gas
Tiap penumpang pasti tahu akan mendapatkan masker oksigen saat kondisi darurat terjadi, tapi tidak banyak yang tahu bahwa masker gas yang lebih protektif juga tersedia di pesawat. Masker gas itu diperuntukkan bagi pramugari yang akan memadamkan api jika terjadi kebakaran dalam pesawat.

Asbak
Merokok di pesawat terbang adalah larangan ketat sejak 20 tahun silam, tapi anehnya sejumlah pesawat modern masih menyediakan asbak. Rupanya fitur itu disediakan untuk berjaga-jaga apabila ada penumpang nakal yang ketahuan merokok, sebagai tempat aman untuk mematikan puntung.

Borgol dan defibrilator
Kemungkinan aksi kriminal di pesawat selalu ada, itu sebabnya hampir seluruh maskapai membawa borgol dalam tiap penerbangan. Sementara, defibrilator atau stimulator detak jantung disiapkan untuk membantu apabila terdapat penumpang yang terkena serangan jantung.(kt5)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved