Ini Bedanya "Karbohidrat Baik" dan "Karbohidrat Jahat"
Minggu, 17/01/2016 - 15:49:58 WIB
<br>

Meskipun sering dihindari, tak dipungkiri bahwa karbohidrat memainkan peran penting dalam tubuh. Hanya saja, sangat penting buat kamu untuk mengetahui bahwa tubuh juga membutuhkan karbohidrat, khususnya karbohidrat yang disebut dengan karbohidrat baik. Karbohidrat sebenarnya dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Pembedaan ini didasarkan pada susunan kimia yang membentuknya dan reaksi tubuh terhadapnya.

Karbohidrat sederhana alias karbohidrat jahat terdiri dari gula dasar dengan manfaat yang sedikit buat tubuh. Semakin tinggi kadar gula dan rendah serat, maka semakin buruk karbohidrat tersebut buat tubuh kamu dikutip Merdeka.

Buah-buahan dan sayuran sebenarnya adalah karbohidrat sederhana. Ini karena mereka juga mengandung gula dasar meskipun memang mereka berbeda dari makanan lain yang juga mengandung gula seperti kue misalkan. Serat dalam buah-buahan dan sayuran mengubah cara tubuh memproses gula dan memperlambat pencernaan mereka. Cara kerjanya sedikit mirip dengan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks atau yang disebut sebagai karbohidrat baik ini mengandung rantai molekul gula yang panjang sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk memecah dan menggunakannya. Hasilnya, karbohidrat ini akan menyediakan energi yang lebih besar. Karbohidrat ini pada umumnya memiliki kadar glikemik rendah. Ini berarti bahwa kamu akan mendapatkan jumlah gula yang lebih rendah.

Indeks glikemik makanan pada dasarnya memberitahu kamu seberapa cepat dan seberapa tinggi gula daraj kamu meningkat setelah mengonsumsi karbohidrat dalam makanan tertentu, dibandingkan dengan gula murni. Makanan rendah glikemik lebih sehat bagi tubuh, dan kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Meskipun tak semua, tetapi sebagian besar karbohidrat kompleks masuk dalam kategori glikemik rendah. (kt13)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved