5 Langkah Mudah Menghilangkan Kulit Belang Sengatan Matahari
Minggu, 17/01/2016 - 12:46:53 WIB
Ilustrasi kulit sehat<br>
Ilustrasi kulit sehat

Kulit belang karena terpapar sinar matahari berlebihan? Mungkin kamu lupa mengoleskan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Tetapi tak perlu panik. Masih ada cara yang bisa kamu tempuh untuk meratakan kembali warna kulit yang belang. Pigmentasi karena sinar ultra violet tak harus jadi kerusakan permanen pada kulit. Berikut ini cara mudah dan efektif untuk mengatasinya.

Konsumsi obat anti inflamasi dalam waktu 24 jam
Ellen Marmur, M.D., ahli bedah dan dermatologi menyarankan konsumsi obat-obatan anti inflamasi seperti ibuprofen dan aspirin segera setelah kulit terbakar matahari. Dilansir Livestrong, obat ini bisa membantu menghentikan pigmentasi dan kerusakan kulit lebih jauh.

Konsumsi ibuprofen atau aspirin dalam jangka waktu 24 jam setelah kulit terbakar matahari. Dengan begini kerusakan permanen pada kulit bisa dicegah.

Aplikasikan masker pendingin dan pencerah wajah
Masker yang mengandung bahan penyejuk dan pencerah kulit bisa membantu memulihkan kondisi kulit yang belang dari luar. Pilih yang mengandung astringent atau penyegar alami dan ramah di kulit wajah yang cenderung lebih sensitif. Misalnya saja mentimun, pepaya, lemon, dan yoghurt. Bahan-bahan ini juga mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

Oleskan lulur pencerah
Kulit kaki, tangan dan leher yang terekspos sinar matahari juga tidak luput dari pigmentasi. Karena itu pulihkan kembali kondisinya seperti semula dengan lulur-lulur dari bahan alami.

Pilih tomat, pepaya, atau kentang yang bisa menyamarkan penggelapan kulit dengan vitamin pencerah yang terkandung di dalamnya. Cukup tumbuk salah satu bahan tadi dan aplikasikan pada kulit yang belang selama 20 sampai 30 menit. Lakukan secara rutin sampai warna kulit kembali ke kondisi semula.

Eksfoliasi setelah sunburn sembuh
Eksfoliasi alias pengelupasan sel kulit mati bisa membantu regenerasi, menggantikan kulit yang gelap karena terbakar matahari dengan kulit baru yang lebih sehat dan indah. Lakukan scrubbing setelah bengkak dan perih pada kulit sembuh dengan scrub alami seperti oatmeal atau bubuk kopi.

Makanan sumber vitamin

Makanan-makanan sehat yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E bisa membantu kulit lebih cepat pulih dari pigmentasi akibat paparan sinar matahari. Selain itu bisa menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya dari dalam.

Sumber vitamin-vitamin kulit ini bisa diperoleh dari buah-buahan serta sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau.(kt5)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved