Akhir Bulan Ini, Blue Moon Kembali Muncul
Rabu, 07/03/2018 - 14:15:53 WIB

JAKARTA - Mengawali 2018, seluruh warga dunia disapa oleh kemunculan sebuah fenomena alam langka, yakni Super Blue Blood Moon pada akhir Januari lalu. Namun kabarnya, pada akhir Maret ini kita akan kembali disapa oleh satu fenomena alam langka lain, yakni fenomena Blue Moon.

Fenomena ini sebelumnya sudah muncul dengan 'menumpang' di fenomena Super Blue Blood Moon. Bedanya, pada 31 Maret 2018 kita bisa melihat keindahan Blue Moon secara langsung.

MFenomena alam Blue Moon ini terjadi pada saat berlangsungnya purnama, yang terjadi setiap 29 hari. Namun, kemunculan Blue Moon diprediksi hanya akan muncul rata-rata dua hingga tahun sekali.

Jika berbicara mengenai terjadinya dua fenomena Bulan secara sekaligus, merupakan sebuah hal yang jarang terjadi. Sebelumnya, hal ini telah terjadi pada 1999 silam dan akan kembali terjadi pada 2037 mendatang.

Tapi ternyata, keberadaan dua fenomena dua Blue Moon di tahun yang sama ternyata memiliki efek samping. Efek samping tersebut adalah tidak terjadinya bulan penuh di antara kedua fenomena tersebut, yang dalam kasus ini jatuh di antara 31 Februari dan 1 Maret, kemudian dikenal dengan sebutan Black Moon.

Sekadar informasi, di dalam sejarah Amerika sendiri fenomena Blue Moon memiliki nama tersendiri, yakni Full Worm Moon. Nama ini diberikan oleh salah satu suku asli Amerika, yang menganggap bahwa kejadian ini terjadi saat temperatur sedang meningkat dan cacing yang ada di dalam tanah akan menggeliat keluar.

Sedangkan suku Amerika lain menyebut fenomena ini sebagai Sap Moon. Hal ini dikarenakan kemunculan bulan ini bertepatan dengan mulai mengalirnya getah di pohon maple, yang kemudian menandai dimulainya kegiatan penyadapan getah maple setiap tahunnya. Sumber:okezone.(kt10)






comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved