Penjelasan Alquran Tentang Matahari sebagai Penentu Waktu
Sabtu, 23/09/2017 - 19:50:23 WIB

Matahari merupakan bintang yang terdekat dengan bumi. Salah satu fungsi matahari sebagai penunjuk waktu.

Fenomena itu dimungkinkan karena pergerakan bumi pada porosnya dan peredaran bumi mengitari matahari merupakan perputaran yang bersifat tetap. Perputaran bumi pada porosnya itu yang menyebabkan matahari tampak terbit dan terbenam.

Lantaran bumi mengelilingi matahari dengan sumbu rotasi yang miring 23,5 derajat, maka bumi mengalami perubahan musim secara berkala. Keadaan ini kemudian dimanfaatkan untuk pedoman penentu waktu.

Dalam buku 'Tafsir Ilmi Manfaat Benda-Benda Langit dalam Perspektif Alquran dan Sains' dijelaskan bahwa masa edar itu disebut satu tahun yakni lamanya 365 hari lebih sedikit. Fenomena itu dituliskan dalam Alquran Surah Yunus ayat 5.

"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui," begitu bunyi surah Yunus ayat 5.

Tahun merupakan satuan hitungan waktu yang bisa dipergunakan manusia untuk mengetahui perjalanan masa dalam kehidupan mereka. Dalam menghitung waktu ini mereka berpedoman kepada matahari dan bulan.

Penetapan ini didasarkan pada keduanya dalam waktu yang cukup lama. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa keduanya merupakan benda langit yang bergerak dalam orbitnya secara pasti dan dalam kurun waktu yang tetap.

Oleh karena itu, menjadikan bulan dan matahari sebagai pedoman waktu merupakan ijtihad yang tepat dan disepakati secara umum. Sejak penetapan ini, sebagian besar manusia di bumi sepakat menggunakannya sebagai hitungan waktu, yang disebut kalender, seperti yang ada saat ini. Sumber:okezone.(kt10)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved