Di Hari Pertama, KPU Dumai Mencoklit 3.272 KK untuk Pilkada 2018
Senin, 22/01/2018 - 08:42:21 WIB

DUMAI - Pada Sabtu (20/1/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai sukses melakukan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada 2018.

Kegiatan tersebut dilakukan serentak melibatkan KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Ketua KPU Kota Dumai H Darwis S.Ag mengungkapkan, gerakan coklit serentak ini melibatkan ratusan petugas. 5 orang dari KPU, PPK 35 orang, PPS 165 orang dan PPDP 515 orang, setiap petugas wajib mencoklit minimal 5 KK.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, KPU juga berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi dan lainnya, harapannya bisa mensosialisasikan informasi-informasi tentang coklit ini ke orang-orang disekitarnya yang dimulai tanggal 20 Januari 2018 hingga berakhirnya masa coklit.

Masih kata Darwis, hari pertama dilaksanakannya kegiatan coklit, KPU Duma berhasil mendata 3.272 kepala keluarga. Diantaranya kediaman walikota, wakil walikota, pimpinan DPRD Dumai dan lainnya.

Kegiatan coklit yang mendatangi rumah-rumah untuk memastikan semua masyarakat terdaftar dalam pemilihan serentak di Tahun 2018. Setelah mencoklit Petugas memberikan tanda stiker untuk menandakan bahwa warga tersebut sudah didata oleh petugas.

Coklit ini juga berguna untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih yang dihasilkan semakin baik, dan menghasilkan pemilih yang berkualitas.

Terakhir Darwis mengatakan bahwa Pencocokan dan Penelitian (Coklit) ini adalah upaya awal untuk melayani hak pilih.

"Ini sebagai bentuk pelayanan KPU terhadap hak konstitusional warga negara," pungkasnya. (hrc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved