Pemko Dumai dan Lanal Tanam 500 Mangrove
Senin, 20/11/2017 - 15:56:48 WIB

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) bersama masyarakat Kelurahan Datuk Laksamana Kecamatan Dumai Kota laksanakan penanaman 500 bibit magrove di sekitar kawasan pemukiman warga.

Penanaman pohon magrove dipimpin langsung Wali Kota Dumai Zulkifli As ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka peringatan Hari Armada tahun 2017.

Selain untuk menahan abrasi air laut dan memanfaatkan tanaman sebagai sumber oksigen, penanaman magrove ini juga menyukseskan program pemerintah menjadikan kawasan kampung wisata bahari.

"Diharap menjadikan kampung wisata ini membawa perubahan bagi kelurahan datuk laksamana dan tidak lagi dikenal sebagai kampung dalam lokasi peredaran narkoba," kata wali kota, Minggu (19/11).

Dia menyampaikan rasa syukur dan berterimakasih kepada TNI AL atas kepeduliaan dengan lingkungan dan akan memberikan nilai positif bagi masyarakat  karena banyaknya pohon lingkungan menjadi indah dan udara bersih.

"Kegiatan ini diharapkan tidak berakhir sampai di sini saja tetapi terus berkelanjutan dengan menjaga kelestariannya," sebutnya.

Dia juga menghimbau maayarakat untuk menyempatkan waktu menanam pohon minimal satu rumah satu pohon, selain untuk memperindah lingkungan, juga menjadi sumber oksigen untuk kebutuhan manusia.

Sementara, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino menjelaskan, kedepan Lanal Dumai mengaku terkesima melihat kondisi kampung wisata, dan untuk kedepan bersama-sama pemerintah dan unsur TNI dan Polri membuat program wisata.

Ini dilakukan karena ada rasa tanggungjawab lingkungan di wilayah Lanal Dumai, dan penanaman mangrove adalag langkah awal sumbangsih pada masyarakat sekitar.

"Kita akan buat program baru untuk melahirkan generasi baik dan bertanggungjawab, dan kegiatan ini dapat menahan gempuran gelombang air laut serta menjaga daerah dari abrasi pantai," sebutnya.

Disamping itu, penanaman mangrove ini juga bisa sebagai tempat pemijahan berbagai jenis ikan, binatang laut dan tumbuhan lainnya, jika tanaman kelak tumbuh dan lestari. (mcr)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved