Walikota Dumai Buka Sosialisasi Penguatan Dasawisma
Kamis, 16/11/2017 - 08:12:40 WIB

DUMAI - Walikota Dumai Zulkifli AS secara resmi membuka Sosialisasi Penguatan Dasawisma se-Kota Dumai yang dilaksanakan Tim Penggerak PKK Dumai di Gedung Pendopo, Rabu (15/11/17).

Dalam sambutannya, Walikota Dumai menyambut baik dengan kegiatan sosialisasi Penguatan Dasawisma. Menurutnya, organisasi perempuan pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan.

"Dengan mengembangkan segala potensi diri dan kemampuan di tengah-tengah masyarakat yang tak kalah sama dengan kaum pria. Maka organisasi perempuan ini perlu kita dukung," kata Zulkifli AS.

Di zaman yang sudah maju ini perempuan memiliki fungsi ganda yang harus pandai membagi waktu antara berkarir dan sebagai ibu rumah tangga yang tak mau berdiam diri hanya mengurus keluarga.

"Perempuan seperti ini harus kita berdayakan dengan memberikan dukungan moral maupun materil. Maka dari itu semua pihak wajib memberikan dukungan terhadap organisasi perempuan," ajaknya.

Dijelaskannya, Dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK ditingkat kelurahan maupun kecamatan.

"Dasawisma juga memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga sejahtera. Dan dalam kaitan itu, saya selaku Pemerintah sangat mendukung sosialisasi penguatan Dasawisma ada di Dumai," jelasnya.

Sosialisasi ini hendaknya akan dapat lebih mempertajam pengetahuan kelompok masyatakat yang tergabung dalam Dasawisma tentang betapa pentingnya peran mereka dalam pengembangan kehidupan masyarkat.

Sementara Ketua TP PKK Dumai, Haslinar mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan TP PKK kecamatan, kelurahan terkhusus Ketua kelompok Dasawisma serta penertiban administrasi Dasawisma.

Lanjutnya, kegiatan ini memiliki peran mewujudkan keluarga sejahtera, dengan begitu keberadaan dasawisma akan mempermudah koordinasi sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran.

"Dasawisma adalah kelompok ibu-ibu berasal dari 10 kepala keluarga rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesejahteraan keluarga," jelasnya.

Bentuk kegiatannya berfokus pada kegiatan sosial kemasyarakatan. Adapun kelompok Dasawisma adalah kelompok yang tersiri dari 10 sampai 20 kepala keluarga dalam satu RT.

"Setelah terbentuk maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua. Tujun kelompok Dasawisma ini adalah membantu kelancaran tugas pokok dan program PKK Kelurahan," katanya.

Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiap siagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah sosial.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Provinsi yaitu Endrawati Razak anggota Pokja I TP PKK Provinsi Riau dan Widyawati anggota Sekretariat TP PKK Provinsi Riau yang menyampaikan materi terkait pentingnya Dasawisma.(rtc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved