Bantuan PKH Dumai Disalurkan Juli Ini
Jumat, 14/07/2017 - 12:58:57 WIB
Pemko Dumai
Pemko Dumai

DUMAI - Dinas Sosial Kota Dumai berencana akan menyalurkan bertahap dana program keluarga harapan dari Kementerian Sosial RI kepada 3.360 warga penerima manfaat pada Juli ini.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Dumai Bambang Hardiyanto mengatakan, bantuan PKH akan diserahkan secara bertahap, atau empat kali dalam setahun dengan nominal bervariasi sesuai kategori penerima.

"Penerima dibagi dua kategori yaitu pendidikan dan kesehatan dengan nominal bantuan dimulai Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per jiwa," kata Bambang kepada wartawan kemarin.

Dijelaskan, untuk penerima kategori pendidikan akan dilihat sesuai tingkatan sekolah, sedangkan kesehatan meliputi ibu hamil, lanjut usia dan penyandang disabilitas.

Penyaluran dana PKH akan dilakukan secara bertahap dan warga kurang mampu penerima manfaat tersebar di 33 kelurahan 7 kecamatan di Dumai ini akan memperoleh bantuan total Rp1,85 juta perorang pertahun.

Warga penerima PKH akan mendapatkan bantuan secara non tunai melalui buku tabungan sekaligus sebagai kartu keluarga sejahtera dengan nominal sejumlah uang di bank kerjasama.

Kartu keluarga sejahtera berfungsi sama seperti kartu debit anjungan tunai mandiri dengan dua fungsi yaitu tabungan dan dapat digunakan untuk belanja bahan kebutuhan pokok di warung yang melayani.

"Untuk pengawasan sudah ditunjuk tenaga pendamping di tujuh kecamatan dan kita berharap warga penerima bantuan PKH ini tepat sasaran dan penyaluran berjalan baik," harapnya.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta agar pencairan bantuan PKH tahap kedua dipercepat karena dibutuhkan untuk tahun ajaran baru anak sekolah.

"Saya mendorong percepatan pencairan bantuan program tahap kedua," kata menteri di Kota Cirebon, Kamis 13 Juli 2017. (mcr)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved