Evaluasi Terakhir RTRW, Pemprov Riau Optimis KLHS Tuntas Pekan Depan
Minggu, 04/02/2018 - 22:34:58 WIB
<br>

PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman optimis dalam waktu dekat Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau dapat disahkan oleh kementerian terkait.

"Kita optimis RTRW segara selesai. Karena sudah dibicarakan di tingkat kementerian. Malah Kemendagri sudah memverifikasi naskah tata ruang Riau," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman itu, Ahad (4/2/2018).

Menurutnya, kendala RTRW tinggal hanya melengkapi Kawasan Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang dipersyaratkan atas hasil evaluasi Kementerian dalam Negeri (Kemendagri).

"Ya kita doakan lah RTRW cepat selesai. Karena dengan disahkannya tata ruang kita, maka pertumbuhan ekonomi bisa meningkat karena peluang investasi terbuka," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi kepada CAKAPLAH.com, Ahad (4/2/2018) mengatakan kalau pihaknya Jumat kemarin telah melakukan rapat evaluasi RTRW Riau, khususnya membahas KLHS.

Dalam rapat tersebut, sebut Ahmad Hijazi, Dirjen Planologi Kementerian LHK dan Dirjen Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kementerian ATR memberikan masukan soal KLHS, yang kemudian Pemprov dan DPRD Riau duduk kembali.

"Kalau semua berjalan lancar minggu depan selesai. Karena Dirjen ATR dan Dirjen Planologi komitmen KLHS cepat selesai. Mungkin dalam dua hari ini proses validasi, tinggal kita menunggu hasil evaluasi terakhir Kemendagri untuk register," cakapnya.

Saat rapat evaluasi, tambah Sekda, Dirjen Planologi dan Dirjen ATR juga memberikan masukan, agar Pemprov Riau harus memperhatikan pintu-pintu yang menjadi perhatian bagi daerah.

"Kalau proses mekanisme berjalan lancar, mudah-mudahan minggu depan bisa selesai KLHS. Kita berdoa saja proses pembahasan KLHS berjalan lancar," ujarnya.(adv)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved