Gubernur Riau Resmikan Gedung UPK Terbesar di Sumatera
Kamis, 25/01/2018 - 20:18:20 WIB
<br>

TELUK KUANTAN - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman meresmikan kantor Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kuberi, Koto Baru, Kuantan Singingi Hilir. Gedung UPK Kuberi tersebut terbesar di Sumatera.

Usia peresmian, gubernur Riau berpesan kemandirian ekonomi masyarakat harus terus diperkuat. Menurutnya ekonomi kecil merupakan penyelamat ekonomi nasional ketika Indonesia mengalami krisis moneter tahun 1998 yang lalu.

"Terus terang saya bangga. Tadi Ketua UPK Kuberi menyampaikan bahwa kantor UPK Dana Amanah merupakan yang terbesar di Sumatera," ungkapnya disambut tepuk tangan masyarakat.

Sementara itu, Ketua UPK Dana Amanah Kuberi menyampaikan bahwa saat ini pihaknya mengelola dana eks PNPM Mandiri sebesar Rp2 miliar lebih dengan total aset sebesar Rp5,5 miliar, dan lebih dari 3.000 masyarakat yang memanfaatkan dana yang dikelola oleh UPK Dana Amanah.

Kosim menerangkan, UPK Dana Amanah saat ini mengelola dana simpan pinjam, khusus perempuan, simpanan kelompok aktif (Sikompak), pembiayaan elektronik 1.000 orang, pembiayaan material, usaha agen pos, jual beli grosir serta toko penjualan oleh-oleh khas Riau.

"Ada juga pinjaman bahan material agen pos, toko jual beli grosir, toko oleh-oleh khas Riau yang semua itu berasal dari swadaya," kata Kosim.

Terkait bangunan yang baru diresmikan ini Kosim mengatakan menelan biaya mencapai Rp1 Miliar lebih dengan dana swadaya. Bangunan ini juga dijadikan sebagai tempat pelatihan, tempat pengembangan usaha. "UPK ini merupakan UPK terbaik di Provinsi Riau pada tahun 2014 hingga saat ini dan Gedung ini merupakan gedung terbesar di Sumatera," ujarnya.

Sementara Bupati Kuantan Singingi dalam hal ini diwakili oleh Asisten II, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas dukungan berdirinya Gedung UPK ini. UPK nantinya mau tidak mau harus selalu berkomunikasi dengan pemerintah desa. Terbukti bahwa banyak usaha masyarakat yang telah berkembang.(adv)








comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved