Advertorial Pemprov Riau
Riau Expo 2016, Event Riau untuk Promosikan Produk Unggulan Daerah
Sabtu, 29/10/2016 - 15:13:13 WIB
<br>

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Provinsi Riau kembali menggelar event tahunan Riau Expo. Untuk tahun ini, Riau Expo 2016  digelar di SKA Convention Exhibition (SKA Co-Ex), Jl Soekarno Hatta Pekanbaru, pada 24-30 Oktober 2016.

Riau Expo 2016 dibuka Senin malam (24/10/2016), di Taman Lumbini SKA Co-Ex Pekanbaru oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan dan menginformasikan potensi dan peluang investasi produk dan jasa, serta produk dan jasa kreatif unggulan yang dimiliki Provinsi Riau, kabupaten/kota, serta kalangan dunia usaha, termasuk UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan koperasi kepada kalangan investor potensial dari dalam dan luar negeri," kata Kepala BPMPD Riau Drs. Ismaili Fauzi, di kantor BPMPD Riau, Gedung Menara Lancang Kuning lantai 3, Komplek Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru.

Menurut Fauzi, penyelenggaraan Riau Expo 2016 tahun ini lebih besar dan sukses dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya hanya ada sekitar 166 stan, tahun ini jumlahnya lebih besar sekitar 280-an stan.

"Jika pada Riau Expo tahun lalu kita mampu menarik 15.700 orang pengunjung dan transaksi dengan omzet Rp4 miliar dan kontak bisnis diperkirakan sebesar Rp15 miliar, maka tahun ini diharapkan bisa lebih besar," kata Fauzi.

Fauzi mengatakan target yang hendak dicapai melalui pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana bisa lebih baik dalam mempromosikan potensi Provinsi Riau dan kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Bagaimana kita memperkenal produk unggulan kabupaten/kota sehingga diharapkan terjadi kontak bisnis dengan para buyer berskala nasional dan internasional pada Riau Expo ini," kata Fauzi.

Menurut Fauzi, selama penyelenggaraan Riau Expo 2016, penyelenggara telah mempersiapkan sejumlah acara pendukung antara lain Riau Investment Forum, dan pemilihan Duta Promosi 2016. Pada Riau Investment Forum, akan diundang para investor untuk melihat potensi Provinsi Riau.

"Nah, Duta Promosi ini nanti kita ajar bagaimana mempromosikan dan menjual potensi Riau," kata Fauzi.

Berikut rentetan Acara Pendukung Riau Expo 2016.

1. Riau Investment Forum.
2. Pameran kuliner tradisional Riau bekerja sama dengan Ikaboga Provinsi Riau.
3. Pemilihan Duta Promosi 2016.
4. Penampilan 10 tahun Riau Hitam Putih Goes to Riau Expo.
5. Carnaval Batik Riau dengan catwalk 200 meter.
6. Penampilan seni kabupaten/kota se-Provinsi Riau.
7. Aneka lomba di antaranya lomba mewarnai dan menggambar, lomba fashion show merah putih.
8. Music dan art performance.
9. Pengajian Jumat bersama ibu-ibu majelis taklim se-Kota Pekanbaru.
10.Bincang-bincang pagi dan sore bersama pemuda Riau dalam rangka Hari Pemuda, bersama bank dalam rangka Hari Keuangan, bincang seputar entrepreneurship.

 Keseriusan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau dalam pengenalan produk unggulan Riau di ajang Riau Expo 2016, tidak hanya formalitas semata. Tak tanggung-tanggung, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau menggandeng 24 UMKM dari 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dilibatkan pada acara tersebut. Mereka merupakan UMKM terbaik dipenjuru Provinsi Riau.

Kabid Promosi dan sosialisasi Diskop dan UMKM Riau, Dra. Ustini, diruang kerjanya mengatakan, Riau expo merupakan rangkaian bagian dari rangkaian memeriahkan HUT Provinsi Riau

diselenggarakan pada Oktober di SKA Co Ex. Pengenalan produk unggulan tersebut dibawah badan penanaman modal dan Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Riau.

Gustini juga menyampaikan, para UMKM yang dilibatkan memiliki kemapanan dan mampu dalam mempromosikan hasil produknya. Kendati begitu, dirinya meyakini bahwa event tersebut merupakan kesempatan emas bagi UMKM.

"Yang jelas dalam kegiatan tersebut sangat bagus dan berkesempatan baik promokan produk," sebutnya.

Menurutnya, dalam menjajakan dan mempromosikan produk terkadang kerap ditemui pengusaha dari negeri tetangga di Indonesia.

"Lalu mengapa pengusaha daerah tidak mengambil kesempatan tersebut mengenalkan produk pada masyarakat," tuturnya.

"Mereka saja jauh jauh datang ke Pekanbaru, lalu yang dipekanbaru masak tidak mengambil peluang tersebut," ungkapnya.

Riau Expo 2016 Mendapat Apresiasi
Pergelaran Riau Expo tahun 2016 secara langsung dibuka Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia, Airlangga Hartanto, Senin (24/10/2016) malam.

Airlangga Hartanto didampingi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman melakukan pemukulan Kompang tanda dibukanya kegiatan Riau Expo yang ditaja Pemprov Riau melalui Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Provinsi Riau



Dalam sambutannya, Airlangga Hartanto mengatakan, pemerintah pusat melihat potensi maupun produksi sagu melimpah di Indonesia, tidak hanya di wilayah timur Indonesia saja. Akan tetapi di wilayah barat, seperti Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Melalui pameran produk-produk unggulan lokal.

"Riau Expo ini luar biasa, semoga perekonomian masyarakat Riau semakin berkembang," katanya.

"Saya melihat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau luar biasa produksinya dan ini harus terus dikembangkan, pemerintah pusat dalam hal ini mendukung produksi sagu yang ada di wilayah Indonesia," ujar Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartato dalam sambutannya pada pembukaan Riau Expo 2016 di SKA Co Ex, Pekanbaru, Senin (24/10/2016).

Sementara itu, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengungkapkan, bahwa pihaknya optimis dapat mengangkat dan membantu mempromosikan sektor-sektor unggulan yang dimiliki 12 kabupaten/kota di Riau. Salah satunya, sektor unggulan sagu.

"Besok kita juga akan melaunching gerakan makan sagu melalui Sagu Menyapa Dunia. Yang mana, akan ada 350 jenis makanan dari olahan sagu yang dipamerkan," ungkapnya. (adv/hms)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved