Galeri Foto Pemprov Riau
Revianda Windu-Rahayu Kuntum Bujang dan Dara Riau 2015
Senin, 21/12/2015 - 19:00:00 WIB
<br>

PEKANBARU - Pemilihan Bujang dan Dara Provinsi Riau ditutup Minggu (20/12/2015). Finalis dari Kabupaten Kuansing atas nama Revianda Windu terpilih sebagai Bujang, dan finalis dari Kabupaten Pelalawan atas nama Rahayu Kuntum Melati terpilih sebagai Dara.

Bujang dan Dara terpilih secara resmi menjadi Duta Pariwisata Riau dan berhak mewakili Riau di Pemilihan Duta Pariwisata tingkat Nasional.

Di posisi kedua Bujang diduduki oleh Engla Raafi dari Kota Dumai dan Dara dari Kabupaten Pelalawan atas nama Ratna Herawati. Kemudian posisi ketiga untuk Bujang dari Kampar atas nama Dirga Bakti dan untuk Dara ditempati Kabupaten Kampar atas nama Rakhaniel Rahmadani.

Dalam puncak pemilihan Bujang Dara Riau 2015 ini di nilai oleh Dewan Juri dari berbagai kalangan diantaranya, Fadlah Sulaiman, Irma Rahman dari Iwapi Riau, Ketua LAM Riau Al Azhar, Deputi Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata Esthy Rekho Astuti, Duta Museum Nasional Indonesia Chandra Alfindodes, Astrid Chandra Dewi Psikolog Riau.

Pelaksana Tugas Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, yang hadir sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan tersebut mengatakan, dengan adanya pemilihan Bujang-Dara 2015 Provinsi Riau, diharapkan dunia pariwisata khususnya sektor budaya bisa lebih maju dan lebih baik lagi.

"Kita lagi fokus mengembangkan sektor baru, yakni pariwisata. Potensi ini dinilai dapat memberikan dan sekaligus menjadi alternatif terkuat selain sektor migas selama ini," tegas Andi (sapaan akrabnya).

Menurutnya, apa yang telah dilakukan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau, menjadi kekuatan untuk pengembangan pariwisata Riau ke depan. "Semua harus dilibatkan guna mendukung promosi dan pengembangan wisata Riau," imbau Andi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau, Fahmizal Usman, mengatakan, pemilihan Bujang dan Dara Riau 2015 ini mengacu kepada tiga penilaian utama, yakni "Brain, Beauty dan Behavior".

"Dimana tingkat kecerdasan, kecantikan /keindahan hingga sikap/tingkah laku menjadi penilaian utama," tandas Fahmizal.

"Kita berharap pariwisata khususnya pada dunia seni dan budaya, bisa menjadi sektor andalan serta menjadi bagian dari pencapaian visi-misi Riau 2020. Dimana menjadikan Riau sebagai The Homeland of Melayu," tuturnya.

Dari 22 finalis tersebut dikerucut menjadi lima besar dan menjadi tiga besar. Dari tiga besar Bujang dan Dara tersebut juga diberikan tantangan untuk menjawab pertanyaan dari dewan juri selama 60 detik.

Dari pertanyaan dan jawaban yang diberikan finalis juga mendapatkan penilaian dari dewan juri yang telah ditunjuk dari berbagai kalangan. Meski jawabannya spontan, seluruh nominator berhasil melahap pertanyaan mengenai dengan lancar.

Sebelumnya, Kepala PPTK Bujang dara Riau Yul Akhyar mengatakan, Pemilihan Bujang dan Dara, mencari duta sebagai ikon promosi pariwisata Riau. Kemudian juga akan menjadi wakil Riau di Pemilihan Duta Wisata Nasional dan Putri Pariwisata Indonesia tahun 2015.

Pada Grand Final pemilihan Bujang dan Dara tahun 2015, penilaian diletakkan kepada 7 kategori. Diantaranya Bujang Dara 2015, Bujang Dara Runerup 1 dan 2, Bujang Dara Intelegensia 2015, Bujang Dara Favorit 1 dan 2, serta Bujang Dara Persahabatan 2015. (Humas)


Plt Gubri beserta Isteri hadir sekaligus Menobatkan Bujang Dara Provinsi Riau Tahun 2015 di SKA Co Ex


Plt Gubri Menobatkan Bujang Dara Provinsi Riau Tahun 2015 di SKA Co Ex


Plt Gubri berfoto bersama Bujang Dara Provinsi Riau Tahun 2015




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved