Advertorial Pemprov Riau
Hari Kesehatan Nasional Ke- 51, Pembangunan Kesehatan untuk Kesejahteraan Riau
Senin, 14/12/2015 - 08:21:00 WIB
<br>

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 51, berbagai acara digelar Pemprov Riau melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Dimulai dengan dengan upacara di halaman Kantor Gubernur Riau pada Kamis (12/11/15) lalu dengan mengambil tema Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri.

Upacara peringatan Hari Kesehatan 2015ini dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman Pekanbaru dengan Inspektur Upacara Plt Sekdaprov H. M. Yafiz dan perwira upacara Kapten CKM T. Sitanggang. Upacara ini dihadiri oleh undangan dari Forkompimpda, Pejabat Tinggi Pratama, Direktur RS pemerintah dan swasta, Direktur Institusi Kesehatan, Organisasi Profesi, LSM dan lainnya dengan masing-masing dengan perwakilannya.

Dalam rangkaian upacara ini diberikan sejumlah penghargaan kepada pemenang untuk beberapa penilaian tingkat Provinsi antara lain, Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Berprestasi, Posyandu terbaik, pemenang Lomba Desa STBM dan juga Pemenang RS Sayang Ibu dan Anak tahun 2015.

Sesuai dengan tema tahun ini, Menteri Kesehatan melalui pidato peringatan HKN ke- 51 tahun 2015 yang dibacakan oleh Plt Sekdprov Riau menyampaikan bahwa Presiden RI mengamanatkan Revolusi Mental melalui 9 konsep Nawa Cita. Kementerian Kesehatan melalui butir ke- 5, mengarahkan Pembangunan Kesehatan diarahkan untuk mewujudkan kualitas manusia Indonesia melalui pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan.


"Karena itulah prioritas pembangunan kesehatan tahun 2015-2019 dititikberatkan dalam 3 pilar yaitu, pertama Paradigma Sehat dengan pangarustamaan upaya preventif, promotif dan pemberdayaan masyarakat. Kedua Peningkatan Pelayanan Kesehatan melalui strategi peningkatan pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, pendekatan continuum of care, intervensi berbasis resiko kesehatan dan ketiga JKN melalui Kartu Indonesia Sehat," kata Plt Sekdaprov Riau.



Dilanjutkannya, salah satu primadona program kesehatan adalah Program Nusantara Sehat dengan menitikberatkan jangkauan pelayanan kesehatan dari pinggir ketengah yaitu peningkatan akses kesehatan di daerah tertinggal dan daerah pinggiran kota.

Pada peringatan HKN tahun ini, kata Yafiz membacakan pidato tertulisnya, Menkes berharap ini dijadikan momentum untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk merubah cara pandang dan meninggalkan cara menjaga kesehatan melalui kuratif menuju semangat preventif dan promotif tentu saja dengan membiasakan polah hidup bersih dan sehat (PHBS) dan upaya pencegah penyakit melalui kampanye Aksi CERDIK.

Melalui pidato ini, Menkes meminta perhatian terhadap 5 hal yaitu Pembangunan Kesehatan sebagai unsur peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, karena kesehatan adalah investasi, maka pembangunan kesehatan harus mendorong upaya preventif dan promotif


Aksi Sosial

Puncaknya peringatan Hari Kesehatan ke-51 di Provinsi Riau dilaksanakan Minggu (29/11/15) dengan menggelar kegitan sosial untuk masyarakat.

Mulai kegiatan senam sehat, pemeriksaan hiv/aids, donor darah, pemerisaan penyakit tidak menular seperti gula darah dan kolesterol serta kegiatan lainnya. Acara kegiatan sosial ini dipusatkan di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru tepatnya di belakang pustaka wilayah.

Diantaranya beberapa kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga melibatkan awak media yang berada di Riau, seperti kegiatan donor darah, lomba fotografi kesehatan dan juga pemberian penghargaan kepada wartawan yang konsisten menyuarakan program kesehatan kepada masyarakat.




Sebelumnya, dalam kegiatan internal, Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga melakukan ramah tamah dengan seluruh insan medis dan sekaligus mengevaluasi pelayanan kesehatan dimasa yang akan datang. "Ya, besok kita akan awali dengan upacara di kantor Gubernur bersama insan medis. Setelah upacara nanti juga akan dilaksanakan ramah tamah dengan para juara dan sekaligus membagikan piagam kepada para medis teladan," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau baru-baru ini (adv)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved