2016, Pemprov Riau Bangun 2000 RLH
Kamis, 03/12/2015 - 16:00:00 WIB
<br>

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, akan membangun 2.000 unit Rumah Layak Huni (RLH) tahun 2016 mendatang. RLH ini diperuntukkan khusus bagi masyarakat kurang mampu yang ada di 12 Kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Cipta Karya Riau, Dwi Agus Sumarno, Selasa (1/12/2015). Dwi mengatakan, program RLH ini akan menghabiskan anggaran Rp70 juta/unitnya.

Untuk menentukan penerima RLH kata Dwi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. Karena pada dasarnya sambung Dwi, yang mengetahui kondisi masyarakat tentulah Pemerintahan Kabupaten dan Kota tersebut.

"Kita usulkan anggaran cukup besar untuk mensukseskan program RLH ini. Kita sudah masukkan anggaran untuk pembangunan 2.000 unit RLH  di APBD murni 2016 mendatang," ujarnya.

Dijelaskan Dwi, untuk penerima RLH, tentunya akan melalui proses seleksi tingkat aparatur pemerintah paling bawah, yakni survey oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

Setelah mendapat data penerima, RT dan RW mengirim surat kepada Kecamatan untuk dilakukan rekapitulasi. Kecamatan selanjutnya membuat surat kepada Bupati/walikotanya untuk diterbitkan SK.

Sementara Pemerintah Kabupaten/Kota hanya menentukan wilayah mana yang akan dijadikan lokasi pembangunan RLH.

"Setelah Pemkab atau Pemko menentukan wilayah, nanti aparat ditingkat RT dan RW merapatkan ini. Didata dan disurvey siapa saja yang layak," tandasnya.

Jika sudah mendapat data masyarakat penerima RLH, selanjutnya calon penerima diminta menandatangani surat pernyataan.



"Isi surat pernyataan ini bahwa mereka memang layak mendapat bantuan ini. Selanjutnya mereka juga sanggup menerima RLH serta tidak menjual ataupun menyewakan RLH ini,"paparnya.

Jika sudah mendapat SK dari Pemkab dan Pemko tegas Dwi, pihaknya akan langsung melakukan pembangunan fisik RLH tersebut.



Jika 2.000 unit RLH ini terealisasi di APBD Murni 2016, Dinas Cipta Karya siap menaikkan usulan anggaran dan jumlah RLH yang akan dibangun.

"Kalau ini tercapai secara tekhnis, saya yakin di APBD perubahan 2016 kita bisa bangun 4.000 unit lagi," ungkapnya.



Dwi juga mengatakan untuk kota Pekanbaru sendiri sudah diusulkan sekitar 200 RLH akan di bangun. "Inikan merupakan usulah dari RT se Pekanbaru," tandasnya.(Adv)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved