Advertorial Pemprov Riau
Pemprov Riau Komit Dukung Siak sebagai Destinasi Wisata
Jumat, 04/12/2015 - 10:47:05 WIB
<br>

SIAK SRI INDRAPURA - Pengembangan potensi wisata menjadi program prioritas bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, khususnya Kabupaten Siak yang sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata di Bumi Melayu.

"Selama ini Riau dikenal daerah perkebunan dan migas, padahal kita juga memiliki potensi wisata. Ke depan, potensi wisata ini yang akan kita kembangkan, termasuk yang ada di Kabupaten Siak," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat pembukaan iven Siak BMX Internasional Open 2015 di venue BMX Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (7/11/2015) malam.

Wisata olahraga (sport tourism, red) yang dikembangkan Pemkab Siak, kata Plt Gubri, merupakan strategi yang jitu dalam upaya mendorong minat wisatawan berkunjung ke Siak. Hal itu juga dilakukan sejumlah daerah lainnya di Indonesia, seperti pelaksanaan Tour de Singkarak di Sumatera Barat.

"Saya optimis, dengan kejuaraan BMX dan Tour de Siak yang diikuti sejumlah negara, akan mampu menarik minat wisatawan mancanegara dan domestik datang ke Siak yang juga memiliki peninggalan bersejarah berupa Istana Siak dan lainnya," ujarnya.

Plt Gubri mengaku, selama ini Pemprov Riau terus berupaya mengembangkan potensi wisata di Riau, termasuk Kabupaten Siak. Hal itu dibuktikan dengan gencarkan promosi wisata yang dilaksanakan, seperti pemasangan stiker di mobil-mibil dinas yang digunakan pejabat Riau dan jenis promosi lainnya.

"Kita tak main-main untuk mengembangkan potensi wisata di Riau. Wisata berbasis budaya ini akan kita optimalkan, saya lihat di Siak ini sangat lengkap, kita akan dukung, termasuk dana untuk mengembangkan wisata berbasis budaya di Riau, khususnya di Siak ini," jelasnya.



Dikatakan Plt Gubri, tahun depan kunjungan wisatawan ke Indonesia semakin meningkat. Peluang ini harus dimaksimalkan, apalagi negara Malaysia sudah sepakat untuk menjadikan Riau sebagai pintu gerbang kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"Melalui Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Malaysia sudah menyepakati untuk menjadikan Riau sebagai pintu masuk wisatawan ke Indonesia. Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mengembangkan wisata berbasis budaya di Riau," kata Andi Rahman, panggilan akrab Plt Gubri.

"Saya sudah instruksikan Kepala Dinas Pariwisata Riau untuk berkoordinasi dengan semua pemerintah daerah untuk mengidentifikasi potensi wisata di Riau, termasuk Siak," pungkas Andi.



Sementara itu Bupati Siak, H Syamsuar mengatakan, sebagai daerah tujuan wisata, Pemkab Siak berharap dukungan penuh dari Pemprov Riau.

"Masih banyak potensi wisata yang ada di Siak belum kita garap dengan maksimal, tentu kita butuh dukungan dari Pemprov Riau. Sekarang kita kembangkan sport tourism, seperti kejuaraan BMX dan Tour de Siak bertaraf Internasional yang dilaksanakan setiap tahun. Tentu, kegiatan ini menarik minat wisatawan datang ke Siak," jelas Bupati.

Hal itu berdampak positif terhadap peningkatan infrastruktur jalan, pembangunan hotel, restoran dan sebagainya. "Yang terpenting, usaha mikro akan tumbuh subur, seperti pedagang kaki lima, makanan, minuman dan usaha kreatif masyarakat," ujar Syamsuar.



Selanjutnya, Plt Gubri membuka secara resmi pelaksanaan Siak BMX Internasional Open 2015 yang ditandai penekanan serine dan dihibur artis ibukota, Ira Swara.

Selain dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Riau dan pejabat Pemkab Siak, acara pembukaan itu juga dihadiri ribuan masyarakat Siak yang terlihat antusias menyaksikan Ira Swara. (Adv)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved