Advertorial Pemprov Riau
Sukseskan Pembangunan Desa, Kapasitas Lurah dan Kades se-Riau Perlu Ditingkatkan
Rabu, 02/12/2015 - 14:06:00 WIB
<div align="justify"><i><b><font size="2">Plt Gubri memberikan arahan saat hadiri Rakor Kepala Desa dan Lurah dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa se-Provinsi Riau Tahun 2015.</font></b><br></i></div>
Plt Gubri memberikan arahan saat hadiri Rakor Kepala Desa dan Lurah dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa se-Provinsi Riau Tahun 2015.

UNTUK meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa dan Lurah se Provinsi Riau.

Rakor yang di hadiri 1.850 Peserta dibuka oleh Plt Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (2/11/2015).

Rakor yang mengambil tema"Dengan Undang-Undang Desa Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang Handal Terpercaya Menuju Desa Mandiri" dihadiri 1617 di antaranya merupakan Kepala Desa dan 233 Lurah.

Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliadi Rachman dalam sambutannya mengatakan, Rakor ini sangat penting dalam rangka peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se-Riau. Di mana saat ini bantuan APBN dan APBD sangat besar, maka untuk memahami sistem pengelolaan keuangannya, setiap peserta Rakor harus mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

"Bantuan dana APBN untuk desa dan kelurahan saat ini kurang lebih 425 milyar lebih, APBD provinsi Riau 500 juta per desa dan kabupaten/kota nilainya bervariasi. Uang ini harus dikelola dengan baik untuk pembangunan infrastruktur desa, dengan diadakannya kegiatan ini, saya berharap aparatur desa dapat mengelola keuangan desa dengan baik agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan," ungkap Plt Gubri kepada awak media.

Selain membahas pengelolaan dana desa, Rakor ini juga membahas terkait pelaksanaan Pilkada serentak yang digelar di sembilan Kabupaten/Kota di Riau 9 Desember mendatang.


Plt Gubri berharap seluruh aparatur pemerintah terutama ditingkat desa dan kelurahan harus mensukseskan pelaksanaan Pilkada. Ia meminta seluruh aparatur pemerintah untuk menjaga netralitas.

"Aparatur Pemerintah, termasuk ditingkat desa dan kelurahan untuk menjaga netralitas dan tidak terjebak dalam politik praktis di Pilkada 9 Desember nanti. Mari sukseskan pelasakanaan pilkada serentak," imbaunya.

Dalam Rakor ini turut hadir Dirjen Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Kementerian Dalam Negeri, Andi Ony Prihartono, Komandan Korem 032 WB, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Walikota Pekanbaru, Bupati Indradiri Hilir, Pj Bupati Bengkalis, Sekda kabupaten Kuantan Singingi pejabat tinggi pratama Pemprov Riau, Wakil Bupati Siak, Pj Walikota Dumai, Ketua KPU Riau dan Kepala perwakilan BPKP Riau. (Adv)


Plt Gubri Ingatkan Dana Desa Bukan untuk Jalan-Jalan
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman mengingatkan kepala dSukseskan Pembangunan Desa, Plt Gubri Himbau Kades dan Lurah Tata Kelola Pemerintah Desa Dengan Baikesa agar benar-benar menggunakan bantuan dana desa sesuai dengan aturan. Karena tidak sedikit para pejabat desa tersangkut masalah hukum lantaran salah merealisasikannya.

"Supaya tidak ada masalah di kemudian hari. Ini untuk pembangunan, bukan untuk jalan-jalan," tegas Andi Rachman, saat menghadiri Rakor Kades dan Lurah se-Riau di Pekanbaru, Senin (2/11/2015).

Desa merupakan pagar betis untuk pembangunan. Untuk itu, dana desa sebesar Rp500 juta yang direalisasikan kepada para Kades diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Jika pembangunan desa berjalan dengan baik, perkembangan desa itu sendiri dipastikan akan pesat. Perekonomian meningkat dan akses akan lancar," tandas Andi Rachman. (Adv)






comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved